Kenali Macam Jenis Teknologi LED Flash Kamera Smartphone

27 views

Berbicara mengenai smartphone, sudah pasti akan berbicara juga mengenai fitur kameranya. Pasalnya, smartphone masa kini itu juga dilengkapi dengan fitur kamera yang sudah hampir menyamai kamera profesional itu sendiri.

Kalau sudah berbicara masalah kamera smartphone, kebanyakan orang memang lebih fokus membicarakan mengenai besaran aperture dan juga berapa mega piksel ukuran sensornya.

Namun adakah yang membicarakan mengenai jenis LED flash apa yang disematkan di dalam smartphone tersebut? Sayangnya, tidak banyak orang yang memperhatikan masalah jenis LED flash apa yang disematkan di sebuah smartphone.

Lalu apakah sebenarnya LED flash kamera smartphone itu ada banyak jenisnya? Ternyata, LED flash yang dibenamkan di dalam smartphone itu ada beberapa jenis. Dan menariknya, masing-masing jenis punya keunggulan dan kekurangan.

Mau tau apa saja jenis LED flash yang digunakan di smartphone masa kini? Bagi anda yang mau tau mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 3 Macam Jenis LED Flash Kamera Smartphone

Seperti yang sudah disebutkan, memang LED flash kamera smartphone itu juga mengalami perkembangan seperti halnya semua teknologi yang disematkan di dalam smartphone.

Namun sayang, tidak banyak orang yang memperhatikan masalah perkembangan teknologi LED flash kamera smartphone tersebut.

Jika dilihat, sebenarnya sudah ada 3 macam jenis LED flash kamera smartphone. Berikut ini adalah 3 macam jenis LED flash yang disematkan di dalam smartphone tersebut:

  1. Single LED flash

Single LED flash adalah jenis LED flash kamera smartphone pertama dan jadi yang paling kuno di masa kini.

Meskipun tujuan utamanya adalah untuk memberikan pencahayaan tambahan agar kamera bisa mengabadikan foto ataupun video yang lebih berkualitas, namun sayangnya, single LED flash ini lebih sering merusak kualitas foto maupun video.

Kenapa? Karena single LED flash ini cukup sering menyebabkan obyek yang difoto justru memantulkan cahaya yang berlebihan dari LED flash.

Bukan hanya itu saja, single LED flash juga masih kurang optimal dalam memberikan pencahayaan tambahan. Pasalnya, masih banyak area foto yang mengalami masalah noise.

  1. Dual LED flash

Ketika single LED flash kurang begitu bisa memberikan hasil yang optimal pada kamera smartphone, maka mulailah banyak produsen smartphone yang menyematkan dual LED flash di kamera smartphone besutannya.

Jika dibandingkan, memang dual LED flash kamera smartphone ini jauh lebih bisa memberikan pencahayaan tambahan.

Namun demikian, dual LED flash yang disematkan di smartphone masih belum bisa mengatasi masalah over exposure. Jadi sebuah foto ataupun video yang diabadikan menggunakan dual LED flash justru makin terasa over pencahayaannya.

  1. Dual Tone LED Flash

Setelah banyak produsen smartphone menggunakan Dual LED Flash untuk memaksimalkan pengambilan foto maupun video di kondisi minim pencahayaan, mulailah muncul teknologi LED baru yang disebut dengan Dual Tone LED flash.

Dual Tone LED Flash ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan 2 jenis LED flash kamera smartphone sebelumnya.

Pasalnya, Dual Tone LED flash ini bisa memberikan pencahayaan tambahan namun terasa sangat alami. Kenapa bisa terasa begitu alami?

Karena Dual Tone LED Flash ini memanfaatkan 2 jenis LED yang berbeda warnanya. Yang satu merupakan LED berwarna putih, sedangkan yang satu berwarna amber.

Dengan menggunakan 2 LED yang warnanya berbeda, maka pencahayaan tambahan yang tercipta dari flash kamera smartphone terasa begitu hangat atau natural.

Sayangnya, meskipun Dual Tone LED Flash adalah jenis LED flash kamera smartphone yang bisa memberikan hasil foto maupun video yang paling baik, belum banyak smartphone yang menggunakan jenis LED flash tersebut.

Pada umumnya, Dual Tone LED Flash memang paling sering dibenamkan di dalam smartphone kelas flagship saja. Sedangkan untuk smartphone kelas mid range hingga entry level, biasanya masih menggunakan jenis LED flash dual ataupun bahkan yang masih single.

Lalu bagaimana dengan smartphone yang anda gunakan saat ini? Apakah smartphone yang anda miliki sudah dilengkapi dengan Dual Tone LED Flash?

Tags: #LED Flash Kamera Smartphone