Kenali Plus Minus Teknologi eSIM yang Akan Banyak Dipakai Smartphone Keluaran 2020

Ada cukup banyak teknologi yang pastinya akan mulai sering digunakan di smartphone keluaran 2020 nanti. Salah satu teknologi yang kemungkinan besar akan mulai banyak digunakan oleh vendor smartphone di tahun 2020 nanti adalah teknologi eSIM.

Sebenarnya apa itu eSIM? Sampai saat ini, memang belum banyak yang tau soal apa itu eSIM. Hal tersebut disebabkan karena memang belum banyak smartphone yang menggunakan teknologi tersebut.

Smartphone yang sudah menggunakan teknologi eSIM tersebut adalah IPhone. IPhone mulai menyematkan teknologi eSIM pada IPhone seri X.

Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan teknologi eSIM? Mau tau juga apa plus minus dari teknologi yang kemungkinan besar akan digunakan di smartphone keluaran tahun 2020 nanti?

Bagi anda yang mau tau lebih banyak mengenai eSIM, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Apa yang Dimaksud Dengan Teknologi eSIM Pada Smartphone?

Sebelum membahas mengenai apa plus minus dari teknologi eSIM, anda perlu tau terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan eSIM tersebut.

eSIM memang sangat berbeda dengan SIM yang selama ini digunakan pada smartphone. Jika SIM pada smartphone memiliki bentuk fisik berupa kartu berukuran kecil (saat ini paling kecil adalah ukuran nano SIM card), eSIM sama sekali tidak memiliki bentuk fisik.

Hal tersebut sesuai dengan kepanjangan dari eSIM yaitu embedded subscriber identity module, Jadi eSIM sama sekali tidak memiliki bentuk fisik seperti halnya SIM card. Pasalnya, semua data identitas anda dengan provider akan langsung tertanam di dalam smartphone.

Karena teknologi berbeda jauh dengan SIM card yang selama ini digunakan di smartphone, maka sudah pasti penerapan teknologi eSIM di smartphone masa depan itu akan memiliki nilai plus dan juga nilai minus.

Nilai Plus Penerapan Teknologi eSIM di Smartphone Masa Depan

Karena merupakan sebuah teknologi baru, sudah pasti eSIM akan sangat memberikan banyak dampak positif untuk smartphone di masa depan.

Berikut ini adalah beberapa nilai plus yang kemungkinan akan dirasakan dari penggunaan teknologi eSIM di smartphone masa depan:

  1. Vendor smartphone akan memiliki lebih banyak ruang untuk meningkatkan kualitas smartphone

Karena tidak memiliki bentuk fisik seperti halnya SIM card, maka sudah pasti vendor smartphone cepat lambat bisa menghilangkan penggunakan teknologi SIM card reader di dalam smartphone.

Dengan hilangnya komponen tersebut, maka vendor akan memiliki lebih banyak ruang untuk meningkatkan kualitas smartphone baik dari segi teknologinya maupun dari segi desainnya.

  1. Satu SIM untuk semua perangkat yang sudah mendukung teknologi eSIM

Nilai plus kedua dari adanya teknologi eSIM yang kemungkinan besar akan mulai sering digunakan di smartphone keluaran 2020 adalah anda tidak perlu lagi repot-repot membeli banyak SIM Card jika memiliki banyak perangkat.

Dengan adanya teknologi eSIM, anda bisa menggunakan identitas yang sama untuk semua perangkat yang sudah mendukung teknologi eSIM.

Pasalnya, eSIM memang bisa digunakan secara bersamaan di beberapa perangkat. Jadi satu eSIM sudah bisa memberikan koneksi jaringan untuk beberapa perangkat.

  1. Lebih minim sampah plastik

Bukan hanya menguntungkan dari segi kenyamanan penggunaannya saja, adanya teknologi eSIM ini sedikit banyak juga akan membantu mengurangi sampah, terutama sampah plastik dari kemasan SIM card.

Pasalnya, eSIM sama sekali tidak memiliki bentuk fisik. Oleh sebab itu, eSIM tidak akan menambah sampah plastik.

Nilai Minus Penggunaan TeknologiĀ  eSIM Pada Smartphone Masa Depan

Meskipun memang ada banyak sekali nilai plus teknologi eSIM ketika digunakan di smartphone masa depan, ternyata teknologi eSIM tersebut juga masih memiliki beberapa nilai minus.

Beberapa nilai minus dari teknologi eSIM yang akan digunakan di smartphone masa depan tersebut antara lain seperti:

  1. Masih jarang provider di Indonesia yang memiliki layanan eSIM

Meskipun nanti akan makin banyak smartphone yang menerapkan teknologi eSIM, kemungkinan besar konsumen di Indonesia belum bisa menggunakannya.

Pasalnya, sampai saat ini hanya ada satu provider jaringan telekomunikasi saja yang sudah menyediakan layanan eSIM secara umum. Sisanya masih dalam masa uji coba yang entah kapan akan mulai bisa digunakan.

  1. Teknologi jaringan yang belum memadai

Selain masalah belum banyaknya provider yang menyediakan layanan eSIM tersebut, kualitas teknologi jaringan provider di Indonesia juga tampaknya masih belum bisa memberikan kualitas yang maksimal.

Oleh sebab itu, kemungkinan jikalaupun sudah bisa digunakan, teknologi eSIM belum bisa maksimal di Indonesia nanti.

Jadi bagaimana? Sudah paham bukan mengenai apa yang dimaksud dengan teknologi eSIM serta plus minusnya ketika mulai banyak smartphone yang menggunakannya di tahun 2020 nanti?