Lebih Baik Mana, Smartphone Dengan Baterai Non Removable atau Removable?

perbandingan smartphone baterai non removable dan removable 538x300 » Lebih Baik Mana, Smartphone Dengan Baterai Non Removable atau Removable?

Ketika berbicara mengenai smartphone, memang kebanyakan orang langsung memperhatikan apa chipset yang digunakan. Selain itu, beberapa orang langsung melihat spesifikasi kamera yang dibawa sebuah smartphone terlebih dahulu.

Namun adakah dari anda yang melihat baterai jenis apa yang digunakan smartphone tersebut? Apakah anda memperhatikan baterai non removable atau removable yang digunakan smartphone tersebut?

Berbicara soal baterai smartphone non removable dan juga removable, memang hal ini sebenarnya masih sering jadi perdebatan. Masih banyak orang yang suka dengan konsep baterai smartphone yang bisa dilepas pasang atau biasa disebut removable.

Sedangkan ada juga beberapa orang yang cenderung merasa aman ketika menggunakan smartphone dengan baterai yang tidak bisa dibongkar pasang sendiri.

Lalu sebenarnya manakah yang lebih baik? Apakah smartphone dengan baterai non removable itu lebih baik dari yang removable? Ataukah sebaliknya?

perbandingan smartphone baterai non removable dan removable » Lebih Baik Mana, Smartphone Dengan Baterai Non Removable atau Removable?

Bagi anda yang ingin tau mana yang lebih baik, anda perlu tau kelebihan dan juga kelemahan dari 2 jenis baterai smartphone tersebut. Anda bisa pelajari kelebihan dan kelemahannya di dalam artikel ini.

Kelebihan dan Kelemahan Smartphone Dengan Baterai Non Removable

Apakah smartphone dengan baterai non removable itu lebih baik dari yang removable? Untuk bisa memastikannya, anda bisa pelajari terlebih dahulu apa kelebihan dan juga kelemahan dari smartphone dengan baterai non removable berikut ini:

Kelebihan smartphone dengan baterai non removable:

  • Desain bodi jauh lebih ramping jika dibandingkan smartphone dengan baterai removable.
  • Sangat menguntungkan karena ketika smartphone dicuri, pencuri tidak bisa dengan mudahnya mematikan smartphone hanya dengan mencabut baterainya saja.
  • Baterai dijamin lebih aman karena terlindung dan tidak bisa diakses oleh pengguna.

Kelemahan smartphone dengan baterai non removable:

  • Tidak bisa seenaknya mengganti baterai smartphone dengan baterai lain ketika kondisi baterai sudah mulai drop.
  • Ketika smartphone terkena percikan air dan terjadi konslet, smartphone lebih mudah mengalami kerusakan serius karena pengguna tidak bisa melepas baterai untuk mematikan smartphone dengan cepat.

Kelebihan dan Kelemahan Smartphone Dengan Baterai Removable

Seperti halnya smartphone dengan baterai non removable, smartphone yang memiliki baterai removable itu bukan hanya punya banyak kelebihan saja namun juga tetap memiliki beberapa kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga kelemahan dari smartphone dengan baterai removable:

Kelebihan smartphone dengan baterai removable:

  • Pengguna bisa dengan mudah mengganti baterai smartphone dengan baterai baru jika kondisi baterai sudah tidak layak pakai.
  • Jika smartphone mengalami konslet, pengguna bisa mengurangi risiko kerusakan dengan mencabut baterai dari smartphone.
  • Memudahkan pengguna untuk mengganti baterai dengan baterai yang harganya jauh lebih murah dari baterai original.
  • Jika baterai smartphone tidak bisa diisi dayanya, baterai bisa diisi dengan menggunakan charger portable.

Kelemahan smartphone dengan baterai removable:

  • Desain bodi smartphone jauh lebih tebal karena menyediakan ruangan untuk mekanisme buka tutup cover baterai.
  • Baterai smartphone sangat mudah terlepas ketika sudah terlalu sering dibongkar pasang.
  • Ada potensi pengguna menggunakan baterai yang kualitasnya buruk dan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen smartphone.

Setelah melihat kelebihan dan juga kelemahan dari smartphone dengan baterai non removable dan juga removable, lalu manakah yang terbaik?

Untuk bisa menentukan yang terbaik antara smartphone dengan baterai non removable dan juga removable itu sebenarnya cukup sulit. Pasalnya, hal tersebut masih ditentukan kembali berdasarkan beberapa faktor.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang juga jadi penentu mana yang lebih baik antara smartphone dengan baterai non removable atau removable:

  • Merek smartphone yang mau anda beli

Faktor pertama yang perlu anda perhatikan ketika memilih smartphone dengan baterai non removable atau removable adalah merek.

Jika anda memilih membeli smartphone merek terkenal seperti Vivo, Samsung, Oppo, Realme, dan lainnya, dapat dipastikan anda mau tidak mau harus menerima untuk menggunakan smartphone dengan baterai non removable.

Pasalnya, merek-merek smartphone tersebut hampir seluruhnya sudah menggunakan baterai non removable.

  • “Kasta” smartphone yang mau anda beli

Faktor berikutnya yang juga mempengaruhi pilihan anda masalah smartphone dengan baterai non removable atau removable ini adalah masalah “kasta” smartphone yang mau anda beli.

Bagi anda yang mau membeli smartphone entry level, anda mungkin masih bisa mendapatkan smartphone yang menggunakan baterai removable.

Namun jika yang mau anda beli adalah smartphone mid range hingga flagship, semuanya sudah dipastikan menggunakan baterai non removable.

Jadi bagaimana? Apakah anda memilih menggunakan smartphone dengan baterai non removable atau removable?