LG Q60, Smartphone Budget Dengan Ketahanan Berstandard Militer

22 views

Perusahaan elektronik asal Korea Selatan LG memang sudah meluncurkan beberapa smartphone mulai dari lini mid level sampai premium. Namun LG memang belum begitu terdengar gaungnya pada lini entry level.

Oleh sebab itu, beberapa waktu lalu LG memutuskan untuk mulai memproduksi smartphone budget untuk lini entry level dengan kualitas diatas rata-rata. LG Q60 adalah smartphone yang dibuat untuk mengisi lini entry level.

Yang menarik dari LG Q60 adalah pada sertifikasi MIL STD 810G yang dibawanya. Hanya smartphone yang benar-benar sudah lolos uji ketahanan militer saja yang bisa mendapatkan sertifikasi tersebut.

Jadi secara mudahnya, LG Q60 benar-benar menjadi smartphone budget pertama yang mengantongi sertifikasi ketahanan kelas militer.

Lalu bagaimana dengan performanya? Apa saja hardware yang disematkan di dalam LG Q60? Bagi anda yang mau tau apa saja hardware yang ada di dalam LG Q60, anda bisa baca hal tersebut di dalam artikel ini.

Layar IPS LCD 6.26 Inch Berponi

Secara tampilannya, LG Q60 memang tidak tampak sama sekali sebagai smartphone budget. Hal tersebut disebabkan karena desain layar LG Q60 memang mengikuti tren smartphone masa kini.

LG Q60 membawa layar berukuran 6.26 inch dengan desain berponi layaknya smartphone jaman sekarang. Dengan menggunakan desain poni tersebut, LG Q60 berhasil mendapatkan rasio screen to bodi yang lumayan yaitu sebesar 78,8%.

Untuk urusan panelnya, LG Q60 dibekali dengan panel IPS LCD dengan kedalaman warna sebesar 16 Juta. Bukan hanya itu saja, panel IPS LCD yang digunakan di LG Q60 juga sudah mendukung resolusi HD+ yaitu 720 piksel X 1520 piksel dengan kerapatan piksel sebesar 269 ppi.

Performa Cukup Lumayan Dengan Chipset Mediatek Helio P22

Setelah membahas mengenai penampilannya, LG Q60 juga tidak begitu mengecewakan dari segi performa. Memang benar, LG Q60 ini tidak membawa chipset unggulan dari Qualcomm.

LG Q60 hanya dibekali dengan chipset Mediatek Helio P22 yang difabrikasi menggunakan teknologi 12 nm. Namun meskipun hanya menggunakan chipset besutan Mediatek, performa LG Q60 ini tidak seburuk yang dibayangkan.

Pasalnya, chipset Mediatek MT6762 Helio P22 tersebut juga sudah dilengkapi dengan CPU 8 Inti Cortex A53 dengan kecepatan maksimal 2.0 Ghz dan GPU PowerVR GE8320.

Sedangkan untuk urusan ROM dan juga RAM, LG Q60 dibekali dengan ROM berkapasitas 64 GB dengan RAM 3 GB. Sebagai tambahan, LG Q60 juga masih bisa ditambahkan microSD dengan kapasitas maksimal 1 TB.

Untuk sistem operasinya, LG Q60 akan langsung membawa sistem operasi Android seri 9 dengan sistem antar muka LG UX 7.

Triple Kamera Berjajar Rapi Secara Horisontal

Selain punya performa yang tidak malu-maluin, LG Q60 juga sudah dibekali dengan 3 buah kamera di bagian belakang. Dengan adanya 3 buah kamera tersebut, jelas LG Q60 makin kece.

Namun memang, sensor kamera yang disematkan di LG Q60 tidak seperti yang disematkan pada smartphone premium.

LG Q60 hanya akan membawa 3 buah kamera utama dengan konfigurasi lensa jenis wide dengan ukuran 16 MP, lensa jenis ultrawide dengan ukuran 5 MP, dan juga lensa jenis depth sensor dengan ukuran 2 MP. Sedangkan pada bagian depan, LG Q60 dibekali dengan kamera selfie 13 MP.

Meskipun hanya membawa kamera yang spesifikasinya biasa saja, baik kamera di bagian depan maupun belakang LG Q60 sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

Baterai 3500 mAh Tanpa Fast Charging

Pada bagian catu daya, LG Q60 dibekali dengan baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 3500 mAh saja. Meskipun terbilang tidak sebesar kebanyakan baterai smartphone baru, baterai yang digendong LG Q60 dikabarkan sangat irit.

Kemungkinan besar iritnya konsumsi baterai LG Q60 ini disebabkan karena sistem antarmuka yang disematkan di dalam LG Q60.

Sayangnya, LG Q60 ini sama sekali tidak dibekali dengan fitur fast charging apapun. Jadi mau tidak mau proses pengisian daya baterai LG Q60 akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Fitur Tambahan LG Q60

Selain semua hal yang sudah dibahas, LG Q60 masih menyimpan beberapa fitur tambahan. Berikut ini adalah beberapa fitur tambahan LG Q60:

  • Sudah mendukung koneksi dengan jaringan 4G LTE.
  • Sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian cover belakang.
  • Membawa fitur audio DTX Surround Sound.

LG Q60 juga hadir dengan 2 pilihan warna mulai dari new morrocon blue dan juga aurora black. LG Q60 sudah mulai diluncurkan di beberapa negara. Beberapa hari lalu, LG Q60 juga baru saja diluncurkan untuk pasar India.

Tidak lama lagi, kemungkinan LG Q60 akan masuk kedalam pasar Indonesia. Untuk urusan harga jualnya, LG Q60 kemungkinan akan dijual dengan kisaran harga 2,7 jutaan Rupiah.

Tags: #Fitur LG Q60 #Harga LG Q60 #Spesifikasi LG Q60

Comments are closed.