Mau Beli Smartphone dengan Layar Lipat? Pahami dulu Kelebihan dan Kelemahannya

Smartphone dengan teknologi layar yang bisa dilipat memang mulai bermunculan di tahun 2019 ini. Beberapa produsen smartphone sudah mulai serius dalam mengembangkan teknologi tersebut.

Dimulai dari Samsung yang meluncurkan Galaxy Fold, kemudian diikuti oleh Huawei dengan Mate X dan Motorola dengan smartphone legendarisnya Razr.

Pada tahun 2020 nanti, diprediksi akan makin banyak produsen smartphone yang meluncurkan produk smartphone dengan layar lipat.

Namun meskipun mulai makin diseriusi pengembangannya oleh beberapa produsen smartphone besar, ternyata smartphone dengan layar lipat masih bisa dikatakan punya lebih banyak kelemahan dibandingkan dengan kelebihannya untuk jaman sekarang.

Sudah taukah anda mengenai apa saja kelebihan dan juga kelemahan dari smartphone dengan layar lipat itu? Jika anda ingin tau lebih jauh mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Kelebihan Smartphone yang Memiliki Layar yang Bisa Dilipat

Sebelum membahas mengenai apa saja kelemahannya, anda perlu tau terlebih dahulu bahwa memang ada beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan dari smartphone dengan layar lipat.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari smartphone dengan layar lipat:

  • Punya bentuk yang sangat mencolok

Kelebihan pertama dari smartphone dengan layar yang bisa dilipat adalah memiliki bentuk yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan smartphone lain.

Karena bentuknya sangat mencolok, sudah dapat dipastikan jika siapapun yang menggunakan smartphone tersebut akan menjadi pusat perhatian banyak orang.

  • Jauh lebih fleksibel ketika digunakan untuk mengerjakan berbagai hal

Selain bisa membuat penampilan anda terlihat berbeda dari orang lain, kelebihan kedua dari smartphone yang memiliki layar lipat adalah jauh lebih fleksibel ketika digunakan untuk mengerjakan macam-macam hal.

Kenapa? Karena anda hanya perlu membuka lipatan layarnya jika memang membutuhkan layar yang lebih besar ukurannya untuk mengerjakan sesuatu.

Hal tersebut tentunya tidak bisa anda lakukan ketika anda hanya menggunakan smartphone biasa dengan layar berukuran 6.5 inch.

Kelemahan Smartphone yang Memiliki Layar Lipat

Sekilas memang ada beberapa kelebihan dari smartphone layar lipat yang tidak bisa didapatkan di smartphone biasa.

Namun sayang, karena merupakan teknologi baru, smartphone yang menggunakan layar lipat masih punya banyak kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang masih sangat melekat pada smartphone layar lipat hingga beberapa tahun kedepan:

  • Ketahanan smartphone dengan layar lipat sangat rendah

Kelemahan pertama dan jadi yang paling membuat orang enggan untuk menggunakan smartphone layar lipat saat ini adalah karena ketahanannya masih sangat rendah.

Hal ini sudah dibuktikan dengan cepat rusaknya layar Galaxy Fold ketika dibuka dan ditutup beberapa ratus kali.

Selain itu, smartphone layar lipat juga harus diperlakukan sedemikian ekstra hati-hati jika mau lebih awet. Hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan oleh semua orang.

Jika sampai rusakpun, biaya untuk memperbaiki bagian layarnya juga sangat mahal. Menurut informasinya, Huawei bahkan sudah mengumumkan bahwa biaya untuk mengganti layar Mate X yang rusak membutuhkan biaya 1.000 Dolar.

  • Masih belum banyak aplikasi yang benar-benar mendukung penggunaan smartphone layar lipat

Karena merupakan teknologi baru dan masih jarang digunakan, sudah pasti developer aplikasipun tidak akan begitu memperhatikan masalah kenyamanan pengguna aplikasi yang menggunakan smartphone layar lipat.

Sampai saat ini, bisa dikatakan hampir belum ada aplikasi yang benar-benar mendukung penggunaan smartphone layar lipat. Pasalnya, memang jumlah penggunanya masih sangat sedikit.

Oleh sebab itu, pengguna smartphone layar lipat harus menerima jika ada bug ataupun crash ketika menggunakan aplikasi di smartphone layar lipatnya.

  • Harganya yang super mahal

Kelemahan terakhir dari smartphone dengan layar yang bisa dilipat adalah harga jualnya yang masih tidak masuk akal atau masih terlalu mahal untuk orang kebanyakan.

Yang lebih mengecewakan, harga jualnya yang sangat mahal tersebut tidak berbanding lurus dengan ketahanan dan juga kenyamanan ketika digunakan untuk membuka aplikasi.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju jika smartphone layar lipat masih belum layak untuk dibeli di waktu dekat ini? Masih maukah anda membeli smartphone layar lipat dengan harga 20 juta Rupaih lebih?

Tags: #Smartphone Layar Lipat