Meluncur di India, Lava Z71 Dijual Cuma 1,2 Juta Rupiah

review fitur harga spek smartphone android lava z71 600x300 » Meluncur di India, Lava Z71 Dijual Cuma 1,2 Juta Rupiah

Lava memang cukup populer sebagai vendor smartphone entry level. Ada cukup banyak seri smartphone entry level dari Lava yang memang patut diakui kualitas dan juga performanya.

Baru-baru ini, Lava kembali meluncurkan smartphone entry level seri terbaru di India. Smartphone entry level yang diluncurkan di India tersebut adalah Lava Z71.

Meskipun merupakan smartphone entry level, Lava Z71 sama sekali tidak terlihat murahan. Bahkan bisa dikatakan tampilannya setara dengan smartphone mid range.

Lalu bagaimana dengan performanya? Untuk lebih tau mengenai performa Lava Z71, anda bisa cek terlebih dahulu detail spesifikasinya melalui artikel ini.

Menggunakan Layar Dengan Desain Dot Notch

Untuk bisa tampil kekinian, Lava Z71 memang hadir dengan desain layar dot notch. Yang dimaksud dengan desain layar dot notch ini adalah layar full view dengan notch atau poni lingkaran kecil di atas layar.

review fitur harga spek smartphone android lava z71 » Meluncur di India, Lava Z71 Dijual Cuma 1,2 Juta Rupiah

Untuk ukuran layarnya sendiri, Lava Z71 ini memang tidak membawa ukuran layar yang cukup besar. Ukuran layarnya hanya 5.7 inci saja. Panel yang digunakan juga hanya IPS LCD.

Namun meskipun ukuran layar dan panelnya terlihat biasa-biasa saja, Lava Z71 ini sudah mendukung resolusi HD+ dan juga menggunakan aspek rasio 19:9.

Desain Bodi Bagian Belakang Minimalis

Untuk bodi bagian belakang atau covernya, Lava Z71 ini juga terlihat begitu minimalis. Tidak ada terlalu banyak ornamen yang disematkan di bagian belakang.

Di cover bagian belakang Lava Z71 ini hanya terdapat modul dual kamera utama berbentuk oval vertikal. Selain itu, di bagian tengah juga terdapat sensor pemindai sidik jari.

Dapur Pacu Cukup Lumayan Dengan Chipset dari Mediatek

Masuk pada bagian performa, Lava Z71 bisa dikatakan cukup bertenaga digunakan untuk kebutuhan sehari-hari saja.

Hal tersebut disebabkan karena Lava Z71 ini dibekali dengan chipset besutan Mediatek, lebih tepatnya Mediatek seri Helio A22. Selain membawa chipset Mediatek, Lava Z71 ini juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB.

Meskipun tidak terlalu besar, namun setidaknya kapasitas RAM tersebut sudah cukup untuk memastikan Lava Z71 bisa berjalan secara lancar.

Dan untuk penyimpanan datanya, Lava Z71 ini dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB. Jika kapasitas memori internalnya dirasa kurang mencukupi, Lava Z71 ini masih bisa ditambahkan memori eksternal dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Di dalam memori internalnya, Lava Z71 ini sudah terpasang dengan sistem operasi Android 9 atau Android Pie. Dan yang pasti, Lava Z71 juga menggunakan UI khusus dari Lava.

Dual Kamera Plus Mode Profesional

Pada bagian kamera, Lava Z71 ini memang tidak dibekali dengan konfigurasi kamera yang cukup rumit.

Lava Z71 hanya membawa 2 buah kamera utama saja yang terdiri dari kamera 13 MP sebagai kamera primer dan kamera 2 MP sebagai kamera depth sensor sebagai kamera pendukung. Selain itu, Lava Z71 ini juga dilengkapi dengan satu buah LED flash di bagian belakang.

Selain memiliki 2 buah kamera utama, Lava Z71 ini juga dilengkapi dengan fitur khusus seperti mode profesional dan juga AI studio mode.

Untuk bagian depan, Lava Z71 ini dilengkapi dengan kamera 5 MP sebagai kamera selfie. Yang lebih menariknya lagi, kamera selfie Lava Z71 ini juga sudah dilengkapi dengan soft flash.

Kapasitas Baterai Kecil Namun Irit

Untuk masalah baterai, Lava Z71 bisa dikatakan tidak dibekali dengan baterai yang kapasitasnya seperti mayoritas smartphone masa kini.

Kapasitas baterai yang digendong Lava Z71 ini hanyalah 3.200 mAh saja. Namun meskipun kapasitas baterainya kecil, ternyata Lava Z71 ini diklaim bisa bertahan digunakan selama 36 jam hanya dengan satu kali pengisian daya baterai saja.

Hal tersebut dikatakan karena adanya fitur AI battery di dalam Lava Z71. Dengan adanya fitur tersebut, Lava Z71 bisa lebih efisien dalam penggunaan daya baterai.

Lava Z71 ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu steel blue dan juga ruby red. Saat ini, Lava Z71 sudah bisa dibeli secara langsung melalui e-Commerce terbesar di India yaitu Flipkart. Lava Z71 dijual dengan kisaran harga 6.299 Rupee atau sekitar 1,2 jutaan Rupiah saja.