Meluncur di Jepang, Ternyata Begini Spesifikasi Sony Xperia 8

47 views

Belum lama meluncurkan Xperia 5, Sony diam-diam meluncurkan Xperia 8 di Jepang. Secara sekilas, tampilan Sony Xperia 8 ini bisa dikatakan begitu mirip dengan seri Xperia 10 yang sudah terlebih dahulu diluncurkan Sony pada bulan Februari 2019, tepatnya pada acara MWC 2019.

Namun demikian, hanya tampilannya saja yang mirip. Di dalamnya terdapat banyak fitur baru yang cukup memukau. Dan yang pasti, Sony Xperia 8 sudah mengantongi sertifikasi IPX5/X8 dan juga IPX6. Itu artinya, Sony Xperia 8 ini sudah dipastikan tahan air dan juga tahan debu.

Lalu bagaimana dengan spesifikasinya? Apa saja fitur unggulannya? Bagi anda yang mau tau lebih lengkap mengenai jeroan yang ada di dalam Sony Xperia 8, anda bisa cek lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Layar Tinggi Dengan Ukuran 6 Inch

Seperti biasanya, layar yang digunakan di hampir semua lini Xperia adalah layar yang lebih tinggi dari kebanyakan layar smartphone. Sony Xperia 8 ini menggunakan layar dengan ukuran 6 inch.

Yang menarik, aspek rasio layar Sony Xperia 8 adalah 21:9. Aspek rasio tersebut bisa dikatakan cukup jarang digunakan vendor smartphone lain. Namun demikian, Sony mengklaim bahwa aspek rasio yang digunakannya benar-benar memastikan smartphone bisa digunakan dengan nyaman meskipun hanya dengan 1 tangan saja.

Untuk urusan panel, Sony Xperia 8 memang tidak dibekali dengan panel berteknologi tinggi. Sebagai smartphone mid level, Sony Xperia 8 hanya membawa panel IPS LCD Triluminous. Namun meskipun hanya membawa panel IPS LCD Triluminous saja, Sony Xperia 8 sudah mendukung resolusi FHD+.

Selain itu, Sony Xperia 8 ini juga dibekali dengan fitur khusus untuk bisa menampilkan 2 aplikasi secara bersamaan dengan membagi layar menjadi bagian atas dan bawah. Fitur khusus untuk membagi tampilan layar Sony Xperia 8 itu disebut dengan side sense.

Fitur side sense tersebut bisa diaktifkan dengan mengetuk pinggiran layar Sony Xperia 8 sebanyak 2 kali.

Bukan hanya punya fitur canggih saja, Sony Xperia 8 juga sudah dibekali dengan pengaman Corning Gorilla Glass 6 baik di bagian depan maupun di cover bagian belakangnya. Jadi selain nyaman digenggam, sudah dapat dipastikan Sony Xperia 8 juga aman dari goresan.

SoC dari Qualcomm

Pada bagian jeroannya, Sony Xperia 8 menggunakan SoC buatan Qualcomm. Seri SoC yang dibenamkan di dalam Sony Xperia 8 ini adalah Snapdragon 630. Hal ini makin memastikan bahwa Sony Xperia 8 memang dibuat untuk menyasar kalangan menengah.

Selain SoC tersebut, Sony Xperia 8 juga dibekali dengan kapasitas memori internal dan juga RAM yang cukup besar. Kapasitas memori internal yang dibawa Sony Xperia 8 adalah sebesar 64 GB. Sedangkan RAM yang dibawa adalah 4 GB.

Jika kapasitas memori internal Sony Xperia 8 terasa kurang, pengguna masih bisa menambahkan memori eksternal.

Dual Kamera Dijajar Secara Horisontal

Masuk pada bagian kamera, Sony Xperia 8 dilengkapi dengan konfigurasi dual kamera di bagian belakang. 2 buah kamera yang disematkan di bagian belakang terdiri dari lensa 12 MP serta lensa 8 MP telephoto.

Kedua lensa tersebut dijajarkan secara apik di bagian belakang secara horizontal. Selain itu, di bagian atasnya disematkan LED flash.

Bukan hanya itu saja, konfigurasi dual kamera utama Sony Xperia 8 ini juga dibekali dengan segudang fitur seperti:

  • 2X optical zoom
  • 13 tipe scene recognition
  • Sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 4K dengan EIS
  • Sudah bisa digunakan untuk merekam video slow motion 120 fps

Sedangkan pada bagian depan, Sony Xperia 8 juga dilengkapi dengan lensa 8 MP sebagai kamera selfie.

Baterai Sangat Minim

Meskipun membawa spesifikasi yang cukup oke, sayangnya Sony Xperia 8 ini tidak dibekali dengan kapasitas baterai yang mumpuni.

Sony Xperia 8 dibekali dengan baterai berkapasitas 2.760 mAh saja. Dilihat dari kapasitas baterainya, kemungkinan Sony Xperia 8 akan lebih sering melakukan pengisian daya.

Bukan hanya itu saja, Sony Xperia 8 juga sama sekali tidak dibekali dengan fitur pengisian daya cepat sehingga dipastikan proses pengisian daya baterai membutuhkan waktu yang lebih lama.

Menurut kabarnya, Sony Xperia 8 akan mulai dipasarkan di Jepang melalui jaringan Y Mobile di akhir bulan Oktober 2019 ini. Kisaran harga jualnya adalah 54.000 Yen atau setara 7 jutaan Rupiah.

Sony Xperia 8 akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti putih, hitam, orange, dan biru. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan Sony Xperia 8 akan dipasarkan secara global, terutama di Indonesia.

Tags: #Fitur Sony Xperia 8 #Harga Sony Xperia 8 #Spesifikasi Sony Xperia 8

Comments are closed.