Microsoft Surface Duo, Penantang Baru di Segmen Smartphone Layar Lipat

hp android microsoft surface duo 600x300 » Microsoft Surface Duo, Penantang Baru di Segmen Smartphone Layar Lipat

Cukup lama dinantikan, akhirnya Microsoft secara resmi meluncurkan smartphone layar lipat pertamanya yang diberi nama Surface Duo. Peluncuran Microsoft Surface Duo memang terlihat sengaja dilakukan setelah Samsung meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya yaitu Galaxy Z Fold 2.

Secara garis besarnya, Microsoft Surface Duo memang bisa dikatakan memiliki banyak kelebihan, khususnya ketika digunakan sebagai perangkat untuk mendukung pekerjaan ataupun bisnis jika dibandingkan dengan smartphone layar lipat besutan Samsung.

Namun bagaimana dengan spesifikasinya? Apakah spesifikasi Microsoft Surface Duo juga cukup sejajar dengan spesifikasi smartphone layar lipat besutan Samsung? Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap soal Microsoft Surface Duo, anda bisa baca informasi tersebut di dalam artikel ini.

Dibekali Dengan Layar AMOLED yang Mampu Diputar Hingga 360 Derajat

Hal pertama yang spesial dari Microsoft Surface Duo ada pada bagian layarnya. Hal tersebut disebabkan karena Microsoft Surface Duo mengusung layar AMOLED yang mampu diputar hingga 360 derajat. Hal tersebut tidak bisa dilakukan pada smartphone layar lipat besutan Samsung.

Selain itu, untuk ukuran layar Microsoft Surface Duo juga jauh lebih besar ketika sedang digunakan dalam mode tablet. Ukuran layar Microsoft Surface Duo ketika dalam mode tablet adalah sebesar 8.1 inci.

Sedangkan ketika ditutup dan digunakan dalam mode smartphone, Microsoft Surface Duo mengusung layar 5.6 inci. Layar Microsoft Surface Duo juga sudah mendukung resolusi QHD+ yaitu 1800 X 2700 piksel.

Namun meskipun mengusung cukup banyak kelebihan, ada satu kelemahan pada bagian layar Microsoft Surface Duo. Kelemahannya adalah pada bagian bezelnya. Microsoft Surface Duo memiliki bezel layar yang cukup tebal karena masih mempertahankan aspek rasio 4:3.

Karena memiliki bezel layar yang cukup tebal, maka tidak heran jika Microsoft Surface Duo terlihat seperti smartphone kuno. Jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold 2 5G, jelas tampilan layar Microsoft Surface Duo tertinggal sangat jauh.

Dapur Pacu Masih Gunakan Chipset Qualcomm Seri 8 Keluaran Lama

Masuk kedalam jajaran smartphone flagship tampaknya tidak membuat Microsoft cukup peduli dengan dapur pacu smartphone layar lipatnya.

Hal tersebut terlihat dengan Microsoft Surface Duo hanya mengusung chipset Qualcomm Snapdragon seri 855 saja. Namun meskipun hanya mengusung chipset tier atas seri lama, Microsoft Surface Duo masih bisa cukup diandalkan karena di dalamnya sudah dilengkapi dengan CPU octa core berkecepatan 2.84 Ghz.

hp android microsoft surface duo » Microsoft Surface Duo, Penantang Baru di Segmen Smartphone Layar Lipat

Selain mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 855, Microsoft Surface Duo juga masih ditopang dengan RAM yang kapasitasnya cukup besar yaitu hingga 6 GB. Sedangkan untuk bagian penyimpanan datanya, Microsoft Surface Duo tersedia dalam 2 pilihan kapasitas penyimpanan data yaitu 128 GB dan 256 GB.

Untuk sistem operasinya, Microsoft Surface Duo langsung akan menjalankan sistem operasi Android versi 10 dari pabrikan. Namun sayangnya, Microsoft Surface Duo tidak dilengkapi dengan UI khusus.

Jika melihat dari segi dapur pacunya, sudah dapat dipastikan jika Microsoft Surface Duo kalah telak dari Samsung Galaxy Z Fold 2 5G. Pasalnya, smartphone layar lipat terbaru besutan Samsung tersebut sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865+.

Selain itu, pada bagian RAM, smartphone layar lipat Samsung juga jauh lebih baik karena dibekali dengan RAM 12 GB.

Cuma Berbekal Kamera Tunggal

Bukan hanya bagian dapur pacunya saja yang tertinggal cukup jauh dari smartphone layar lipat besutan Samsung, Microsoft Surface Duo juga tertinggal sangat jauh pada bagian kamera.

Hal tersebut disebabkan karena Microsoft Surface Duo hanya dibekali dengan satu buah sensor kamera saja. Sensor kamera yang dibenamkan di dalam Microsoft Surface Duo memiliki ukuran 11 MP dengan aperture f/2.0.

Kapasitas Baterai Cukup Kecil

Di bagian baterai, Microsoft Surface Duo juga kurang begitu maksimal. Pasalnya, dengan mengusung 2 layar yang bisa disatukan menjadi mode tablet, Microsoft Surface Duo hanya dibekali dengan baterai Li-Po non removable dengan kapasitas 3.577 mAh.

Jika dilihat dari kapasitas baterainya, sudah dapat dipastikan jika Microsoft Surface Duo tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama dengan satu kali pengisian daya.

Namun untungnya, Microsoft Surface Duo sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang bisa mempersingkat waktu pengisian daya baterainya. Hanya saja, fitur fast charging yang disematkan di dalam Microsoft Surface Duo maksimal dayanya hanya 18W saja.

Harga Microsoft Surface Duo

Meskipun kalah di beberapa bagian, namun untuk segi harga, Microsoft Surface Duo bisa dikatakan mendominasi jika dibandingkan dengan smartphone layar lipat besutan Samsung.

Pasalnya, Microsoft Surface Duo hanya dijual dengan banderol harga $1399 saja. Selain itu, Microsoft Surface Duo juga dikabarkan jauh lebih nyaman ketika digunakan untuk mendukung pekerjaan.

Semua itu disebabkan karena Microsoft Surface Duo dikabarkan memiliki kompatibilitas software yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone layar lipat besutan Samsung.