MIUI 11 Resmi Diperkenalkan, Ini Fitur-Fitur Barunya

26 views

Bersamaan dengan memperkenalkan jajaran smartphone barunya, Xiaomi juga sekaligus memanfaatkan momen pada tanggal 24 September 2019 kemarin untuk memperkenalkan MIUI 11.

Kabarnya memang jajaran smartphone Xiaomi yang baru diperkenalkan kemarin mayoritas akan menggunakan MIUI 11. Selain itu, akan ada beberapa smartphone Xiaomi lain yang segera mendapatkan pembaruan sistem antarmuka.

Namun demikian, pembaruan pada jajaran smartphone Xiaomi tidak dilakukan secara serentak. Hal tersebut kemungkinan akan dilakukan secara bertahap.

Sampai saat ini, MIUI 11 sebenarnya masih dalam status closed beta. Untuk versi publiknya sendiri rencananya baru akan rilis pada tanggal 27 September 2019 nanti.

Sambil menunggu versi publiknya dirilis, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa saja yang baru di MIUI 11 tersebut. Anda bisa baca apa saja fitur-fitur baru MIUI 11 tersebut di dalam artikel ini.

Deretan Fitur yang Mengalami Peningkatan di MIUI 11

MIUI 11 memang bisa dikatakan sebagai sistem antarmuka yang membawa paling banyak peningkatan fitur dari versi MIUI sebelumnya.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bakalan mendapatkan peningkatan pada MIUI 11 nanti:

  1. Icon dan juga animasi baru

Sejak MIUI 6 memang icon tidak begitu mendapatkan pembaruan. Mayoritas icon hanya diberikan tambahan sentuhan saja tanpa dirubah sepenuhnya.

Pada MIUI 11 nanti akan ada banyak sekali icon baru. Menariknya, desain icon baru pada MIUI 11 nanti akan terasa lebih flat dan sederhana.

Selain itu, kabarnya pengguna juga diberikan kebebasan untuk melakukan editing pada icon yang sudah tersedia di dalam MIUI 11 nanti.

Bukan hanya icon saja, MIUI 11 juga dikabarkan akan dilengkapi dengan banyak animasi baru. Sama halnya seperti icon, animasi MIUI 11 akan jauh lebih smooth jika dibandingkan dengan animasi di versi MIUI 10.

  1. Fitur penghemat baterai

Selain meningkatkan kualitas icon dan juga animasi, MIUI 11 juga melakukan peningkatan pada fitur penghemat baterai yang sudah ada sebelumnya.

Namun yang menarik, MIUI 11 akan memiliki fitur ultra power saving yang benar-benar bisa menurunkan konsumsi daya dengan lebih maksimal lagi.

Kabarnya fitur penghemat baterai di MIUI 11 ini tidak hanya bisa mematikan semua fungsi aplikasi saja namun juga mengubah layar menjadi monochrome atau hitam putih saja untuk menghemat daya baterai.

  1. Status bar yang lebih sederhana

MIUI 11 juga kabarnya akan memiliki fitur optimasi status bar yang jauh lebih baik dari versi MIUI 10.

Menurut kabarnya, fitur optimasi status bar MIUI 11 membuat tampilan status bar di smartphone berponi menjadi jauh lebih rapi dan mudah dilihat.

Selain itu, MIUI 11 juga akan dilengkapi dengan pilihan khusus untuk menyembunyikan status bar di bagian poni layar.

  1. Fitur dark mode berjalan di semua aplikasi

Dark mode memang adalah satu fitur yang sudah bisa dinikmati pada MIUI 10. Namun sayangnya, fitur tersebut belum maksimal. Pasalnya, fitur dark mode belum bisa berjalan di semua aplikasi pihak ketiga yang berjalan dengan sistem antarmuka MIUI.

Masalah tersebut diselesaikan pada MIUI 11 ini. Jadi nantinya, fitur dark mode juga akan terasa ketika anda menggunakan browser maupun aplikasi lain di MIUI 11.

  1. Berkurangnya penampilan iklan secara terang-terangan

Xiaomi memang mendapatkan penghasilan utama bukan dari menjual smartphone. Xiaomi memang mendapatkan penghasilan utama dari menampilkan iklan di smartphone yang dijualnya.

Namun dari rilisnya MIUI 11 kemarin mulai tampak bahwa Xiaomi akan mulai mengurangi penayangan iklan secara terang-terangan.

Jadi bisa dipastikan MIUI 11 akan lebih sedikit menampilkan iklan dibandingkan dengan MIUI versi sebelumnya.

Deretan Fitur yang Bakal Ada di MIUI 11

Selain banyak fitur yang akan mendapatkan peningkatan, MIUI 11 juga dikabarkan akan membawa beberapa fitur baru.

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang bakalan bisa dinikmati pada smartphone yang menggunakan sistem antarmuka MIUI 11:

  1. Recycle Bin

Karena banyaknya pengguna smartphone Android yang tidak sengaja menghapus file penting, maka Xiaomi tampaknya akan menghadirkan fitur recycle bin pada MIUI 11 untuk mengatasi masalah tersebut.

Dengan adanya fitur recycle bin, maka pengguna bisa mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus dengan sangat mudah seperit layaknya di sistem Windows yang banyak digunakan di PC maupun laptop.

  1. Dolby Sound Effect

Selain recycle bin, MIUI 11 juga dikabarkan akan mendapatkan fitur untuk mendongkrak kualitas audio smartphone Xiaomi.

Fitur audio yang bakalan ada di MIUI 11 tersebut adalah fitur Dolby Sound Effect. Dengan adanya fitur tersebut, dapat dipastikan kualitas suara smartphone Xiaomi yang sudah menggunakan sistem antarmuka MIUI 11 akan mengalami peningkatan drastis.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah peningkatan pada MIUI 11 sudah sangat memuaskan jika dibandingkan dengan versi MIUI sebelumnya?

Tags: #Fitur MIUI 11