Motorola One Vision, Ponsel Android Kelas Menengah yang Dinanti-nanti

41 views

Beberapa waktu ini pembicaraan mengenai Motorola One Vision telah lama menjadi topik yang hangat diulas berbagai media, bahkan sebelum kemunculannya secara resmi diumumkan. Berbagai spekulasi dan bocoran mengenai spesifikasi serta harga ponsel ini telah lama diantisipasi berbagai kalangan. Tak begitu mengherankan sebenarnya.

Mengingat apa yang terjadi pada pendahulunya yakni Motorola One dan One Power yang sempat dirilis tahun lalu. Keduanya dikritik lantaran dianggap mengusung desain yang diklaim terlalu mirip produk besutan Apple yang lebih dulu berjaya, iPhone X. Tahun ini sepertinya Motorola akan berubah haluan untuk lebih condong ke Samsung Galaxy S10 ketimbang iPhone.

Spesifikasi Prosesor

Berkat berbagai bocoran yang telah merebak sejak bulan Maret lalu, publik seakan semakin penasaran menantikan hadirnya ponsel ini di pasaran. Digadang-gadang menggunakan chip Exynos 9609, tentu saja ponsel ini memiliki berbagai keunggulan. Exynos 9609 sendiri merupakan prosesor octa core yang merupakan chipset mobile buatan Samsung dari seri ke 7.

Chipset ini memiliki konfigurasi Octa core dari kombinasi empat inti Cortex-A73 dengan clock speed 2,3 GHz dan empat inti Cortex-A533 dengan clock speed 1,6 Hz. Anda masih bingung mengenai chipset ini? Singkatnya, Exynos ini merupakan salah satu chipset andalan Samsung pada smartphone flagship-nya, yakni Samsung Galaxy S9. Meski pada kenyataannya chipset ini masih kalah dibandingkan Snapdragon 675 dari Qualcomm saat diuji, namun Exynos 9609 cukup bertenaga dan cocok untuk handphone kelas menengah.

Teknologi One Vision

Selain soal daya pacunya, salah satu yang menjadi daya tarik utama dari Motorola One Vision adalah layarnya yang mengacu pada aspect ratio 21:9. Motorola menjulukinya dengan istilah CinemaVision yang menyuguhkan tampilan lebih Panjang tapi lebih ramping dari biasanya dan sangat ideal untuk menikmati berbagai tayangan sinematik.

Dengan tampilan layar menggunakan panel LCD 6,3 inchi dan resolusi 2520 x 1080 pixel, smartphone ini semakin mirip dengan layar kepunyaan Samsung Galaxy S10. Terlebih lagi terdapat kamera depan 25 MP yang terdapat pada ujung kiri atas layarnya menggantikan posisi notch yang biasa ada di handphone pada umumnya.

Kamera

Menengok ke bagian belakang, terselip kamera utama yang tak kalah sakti dengan smartphone lain masa kini. Menawarkan sensor 48 MP buatan Samsung, resolusi kamera ini tentu memanjakan mata penggunanya, terutama yang hobi membidikkan kamera.

Tak hanya itu, Motorola juga turut menyelipkan fitur bernama Quad Pixel untuk semakin memuaskan Anda. Adanya fitur ini memungkinkan empat pixel individual disatukan dalam pixel tunggal berukuran 1,6 mikrometer yang menjadikannya lebih sensitif terhadap cahaya. Hal ini sangat berdampak dalam meminimalisir noise pada hasil jepretan sehingga kualitas yang dihasilkan lebih bagus meski setelan dasarnya beresolusi 12 megapixel. Di samping itu, Anda pun bisa menikmati beberapa fitur berbasis Al yang ditawarkan. Kamera utama ponsel ini juga didukung fitur Night Vision.

Kapasitas Baterai dan Fitur Lainnya

Soal daya tahan, ponsel ini ditunjang baterai berkapasitas 3.500 mAh. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM 4GB dan storage 128 GB, sensor sidik jari khas Motorola di bodi belakang, serta port audio 3,5 mm.

Sistem Operasi

Motorola One Vision mengusung OS bawaan berupa Android 9 Pie. Namun Anda tak perlu khawatir lantaran hp ini sudah menggunakan sistem operasi Android One yang artinya Anda berhak mendapat pembaruan OS selama dua tahun ke depan.

Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna blue dan bronze brown dan telah resmi dirilis di Brazil pada 15 Mei lalu dengan banderol harga sekitar USD 336 atau 4,8 juta rupiah. Namun sayangnya hingga kini Motorola belum mengonfirmasi apakah ponsel ini masuk pasaran Indonesia atau tidak. Kita tunggu saja.

Tags: #HP Android Motorola #Motorola One Vision