Mulai Dijual di India, Tecno Spark 5 Ancam Eksistensi Smartphone Entry Level Lain

review fitur spek harga hp android tecno spark 5 600x300 » Mulai Dijual di India, Tecno Spark 5 Ancam Eksistensi Smartphone Entry Level Lain

Diam-diam, Tecno yang merupakan vendor smartphone asal negeri tirai bambu mulai mengancam eksistensi vendor smartphone lain seperti Xiaomi dan juga Realme di India.

Hal tersebut disebabkan karena Tecno baru saja meluncurkan smartphone entry level yang bernama Tecno Spark 5. Smartphone Tecno Spark 5 yang diluncurkan di India tersebut langsung berhadapan dengan beberapa smartphone entry level seperti Realme C3, Redmi 8A, dan juga Redmi 8A Dual.

Lalu seperti apakah spesifikasi yang dibawa Tecno Spark 5? Apakah spesifikasi Tecno Spark 5 cukup menarik untuk bersaing dengan smartphone entry level dari vendor lain? Temukan jawabannya di artikel ini.

Gunakan Display IPS LCD Dengan Desain Punch Hole

Masuk kedalam segmen smartphone entry level membuat Tecno Spark 5 mau tidak mau hanya mengusung display jenis IPS LCD. Namun dengan display tersebut, Tecno Spark 5 sudah mampu mendukung resolusi HD+.

Sedangkan untuk ukurannya sendiri, display Tecno Spark 5 memiliki bentang diagonal sebesar 6.6 inci. Dan bukan hanya itu saja, Tecno Spark 5 juga menggunakan desain kekinian yaitu punch hole untuk menyembunyikan sensor-sensor penting di bagian depan.

Memiliki Chipset Mediatek Helio A22

Untuk dapur pacunya, Tecno Spark 5 juga dipastikan tidak akan membawa chipset besutan Qualcomm. Tecno Spark 5 hanya akan dibekali dengan chipset buatan Mediatek yaitu seri Helio A22.

Meskipun terbilang bukan seri chipset baru dan masih diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 12 nm, Mediatek Helio A22 masih dapat memberikan performa yang lumayan. Apalagi dengan dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2 GB.

review fitur spek harga hp android tecno spark 5 » Mulai Dijual di India, Tecno Spark 5 Ancam Eksistensi Smartphone Entry Level Lain

Sedangkan untuk bagian kartu grafisnya, Tecno Spark 5 akan dibekali dengan kartu grafis PowerVR GE8320. Dan untuk urusan penyimpanan data, Tecno Spark 5 juga dibekali dengan memori internal berkapasitas 32 GB.

Selain memori internal, Tecno Spark 5 juga masih memiliki slot khusus untuk menambahkan memori eksternal menggunakan microSD.

Menurut informasinya, Tecno Spark 5 juga akan langsung menjalankan sistem operasi Android 10 yang dibekali dengan UI khusus yaitu HiOS 6.1 yang merupakan besutan vendor Tecno.

Unggul dari Segi Kamera

Meskipun hadir dengan dapur pacu yang terbilang biasa, Tecno Spark 5 siap diadu dengan kompetitor karena memang lebih unggul dari segi kamera.

Tecno Spark 5 bukan hanya dibekali dengan dual ataupun triple kamera saja. Tecno Spark 5 dibekali dengan konfigurasi quad kamera.

Konfigurasi quad kamera utamanya sendiri terdiri dari kamera 13 MP sebagai kamera primer. Selain kamera primer tersebut, Tecno Spark 5 juga dibekali dengan kamera bokeh 2 MP serta 2 kamera lain yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Sedangkan untuk bagian depan, Tecno Spark 5 dibekali dengan kamera selfie 8 MP.

Selain dibekali dengan quad kamera, Tecno Spark 5 juga memiliki modul kamera yang desainnya sesuai dengan tren masa kini yaitu berbentuk persegi panjang.

Dan selain itu, Tecno Spark 5 juga sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari yang diletakkan tepat di sebelah modul kamera bagian belakang.

Dibekali Dengan Baterai Berkapasitas Besar yang Tahan Hingga 2 Hari

Bukan hanya konfigurasi kameranya saja yang jadi keunggulan, Tecno Spark 5 juga unggul dari segi kapasitas baterainya.

Pasalnya, Tecno Spark 5 juga dibekali dengan baterai yang kapasitasnya cukup besar. Kapasitas baterai yang digendong Tecno Spark 5 adalah sebesar 5.000 mAh.

Menurut klaimnya, Tecno Spark 5 bisa bertahan hingga 2 hari hanya dengan melakukan satu kali pengisian daya saja. Namun klaim tersebut hanya berlaku jika Tecno Spark 5 digunakan secara normal.

Sayangnya, meskipun sudah mengusung baterai dengan kapasitas yang cukup besar, Tecno Spark 5 belum dibekali dengan fitur fast charging sama sekali. Karena tidak dibekali fitur fast charging, Tecno Spark 5 dipastikan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melakukan pengisian daya baterai.

Harga Tecno Spark 5

Tecno Spark 5 sudah mulai dijual secara online di India dengan 2 pilihan warna yaitu Ice Jadeite dan juga Spark Orange.

Sedangkan untuk harganya, Tecno Spark 5 ditawarkan dengan harga 7.999 Rupee saja atau sekitar 1,5 jutaan Rupiah.