Nokia C1, Smartphone Entry Level Baru Harga Kurang dari 1 Juta Rupiah

Nokia seri C pernah menjadi primadona di Asia, terutama di Indonesia. Nokia seri C saat itu sudah bisa disebut sebagai smartphone meskipun sebagian masih feature phone.

Melihat popularitasnya tersebut, HMD global mencoba membangkitkan kembali Nokia seri C dengan meluncurkan Nokia C1.

Nokia C1 pertama kali diperkenalkan dan sekaligus diluncurkan di Kenya pada tanggal 11 Desember 2019. Nantinya, Nokia C1 juga direncanakan akan segera dipasarkan di Asia tenggara dan juga Afrika.

HMD Global memang mencoba membidik pasar smartphone entry level dengan menggunakan Nokia C1. Namun meskipun tergolong smartphone entry level, smartphone Nokia generasi C ini masih bisa dikatakan punya spesifikasi yang cukup oke.

Seperti apakah spesifikasinya? Anda bisa pelajari lebih lengkap spesifikasi dari Nokia C1 di dalam artikel ini.

Bezel Tebal Ciri Khas Smartphone Entry Level

Tampilan luar Nokia C1 sudah benar-benar mengisyaratkan bahwa smartphone ini memang masuk kategori entry level.

Yang pertama, bezel layar Nokia C1 ini masih cukup tebal. Hal tersebut memang sudah jadi ciri khas dari smartphone entry level yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

Namun meskipun punya bezel yang masih cukup tebal di kanan kiri dan juga atas bawah, Nokia C1 ini dibekali dengan layar yang ukurannya tidak terlalu kecil.

Ukuran layar yang dibawa Nokia C1 ini adalah 5.45 inch. Sedangkan panelnya sendiri sudah menggunakan panel IPS LCD. Sayangnya, tidak dijelaskan secara spesifik mengenai berapa resolusi layarnya.

Namun menariknya, HMD Global menekankan bahwa layar Nokia C1 ini memiliki ketangguhan lebih dari layar yang digunakan di smartphone entry level lain.

Menggunakan Chipset Dengan CPU Quad Core

Untuk area dapur pacu, Nokia C1 ini memang tidak mungkin dilengkapi dengan chipset spesial. Nokia seri C1 ini hanya membawa chipset yang tidak dijelaskan dari produsen apa dan seri berapa.

Yang pasti, di dalam chipset yang digunakan Nokia C1 ini memiliki CPU quad core dengan kecepatan core maksimal 1.3 Ghz. Kecepatan corenya memang terbilang rendah, namun hal tersebut tidak begitu masalah karena Nokia C1 ini menggunakan sistem operasi Android Go seri Android 9 yang memang diperuntukkan smartphone entry level.

Dan bukan hanya itu saja, performa Nokia C1 ini juga akan sedikit terdongkrak dengan penggunaan RAM 1 GB dan memori internal berkapasitas 16 GB.

Single Kamera LED Flash

Seperti halnya dapur pacunya, Nokia C1 ini juga tidak dilengkapi dengan spesifikasi dan konfigurasi kamera yang terlalu mewah.

Nokia seri C1 ini hanya membawa 1 buah kamera di bagian belakang dan juga di bagian depan. Kedua kamera tersebut memiliki spesifikasi yang sama yaitu 5 MP saja.

Namun meskipun hanya membawa single kamera baik di bagian depan dan di bagian belakang, kamera utama dan kamera selfie Nokia C1 ini sudah dilengkapi dengan LED flash.

Baterai Mungil

Dengan dimensi bodi yang cukup kecil, secara otomatis Nokia C1 ini juga akan membawa baterai yang kapasitasnya tidak terlalu besar.

Menurut informasinya, Nokia C1 ini akan menggendong baterai berkapasitas 2.500 mAh saja. Dan smartphone entry level baru dari HMD Global ini juga tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Dan lagi, port pengisian daya baterai Nokia C1 ini juga masih menggunakan port micro USB. Namun meskipun demikian, Nokia C1 ini bisa digunakan seharian penuh hanya dengan satu kali melakukan pengisian daya baterai saja.

Fitur Pelengkap Nokia C1

Selain spesifikasi inti tersebut, Nokia C1 ini juga masih dilengkapi dengan beberapa fitur pelengkap seperti:

  • Jack audio 3.5 mm
  • FM radio
  • Bluetooth 4.2
  • Dukungan jaringan 3G
  • Port micro SD yang siap menampung hingga kapasitas 64 GB
  • GPS
  • WiFi 2.4 Ghz
  • Tombol khusus untuk mengakses Google Assistant

Nokia C1 ini hadir dengan 2 pilihan warna yaitu merah dan juga abu-abu. HMD Global menjual Nokia seri C1 ini dengan harga yang cukup murah di Kenya. Smartphone entry level ini hanya dijual dengan harga 60 Dolar atau setara dengan 800 ribuan Rupiah saja.