Pilih Mana, Beli Smartphone Flagship Keluaran Lama atau Mid Level Tahun Ini?

Dengan semakin derasnya seri smartphone baru yang digelontorkan ke pasaran, maka sudah pasti akan ada banyak orang yang kebingungan menentukan pilihan akan membeli smartphone seri dan juga merek apa.

Selain itu, harga jual smartphone barupun makin lama makin melambung tinggi. Oleh sebab itu, mulai banyak orang yang lebih memilih membeli smartphone flagship tapi keluaran beberapa tahun lalu.

Lalu apakah memang membeli smartphone flagship keluaran lama itu jauh lebih baik dibandingkan dengan membeli smartphone mid level keluaran tahun ini?

Bagi anda yang penasaran ingin tau apa untung ruginya memilih membeli smartphone flagship keluaran lama dibandingkan dengan mid level keluaran baru, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Kerugian Membeli Smartphone Flagship Keluaran Lama Dibandingkan Mid Level Tahun Ini

Ya, memang membeli smartphone flagship keluaran lama dengan smartphone mid level tahun ini itu ada beberapa kerugiannya.

Berikut ini adalah beberapa kerugian yang harus siap anda tanggung jika memilih membeli smartphone flagship keluaran lama:

  • Tidak bisa menjalankan beberapa game baru dengan lancar

Kerugian pertama yang mungkin saja akan anda alami jika lebih memilih membeli smartphone flagship namun keluaran lama adalah kemungkinan akan ada beberapa game baru yang tidak bisa anda mainkan dengan lancar di smartphone tersebut.

Kenapa? Karena kemungkinan besar memang ada beberapa game baru yang membutuhkan prosesor yang sedikit lebih tinggi dari yang disematkan di dalam smartphone flagship keluaran lama.

  • Belum memiliki beberapa teknologi baru

Selain kemungkinan ada beberapa game baru yang tidak bisa dimainkan secara lancar, membeli smartphone flagship keluaran lama juga membuat anda harus rela jika smartphone yang anda miliki belum memiliki beberapa teknologi baru.

Jika anda memilih membeli smartphone mid level, anda sudah bisa menikmati teknologi standard seperti fast charging dan juga port USB tipe C.

Namun jika anda membeli smartphone flagship keluaran lama, kemungkinan besar anda tidak akan bisa menikmati fitur tersebut.

  • Sistem operasi mungkin sudah tidak bisa diperbarui lagi

Kerugian terakhir dari membeli smartphone flagship keluaran lama itu adalah sistem operasinya sekaligus sistem keamanannya kemungkinan besar sudah tidak bisa diperbarui lagi.

Kenapa? Karena biasanya vendor atau produsen smartphone itu hanya akan memberikan pembaruan sistem operasi dan juga sistem keamanan selama 2 sampai 3 tahun dari seri smartphone tersebut diluncurkan ke pasaran.

Jadi jika anda membeli smartphone flagship keluaran 1 tahun lalu, maka anda sudah kehilangan masa pembaruan sistem selama 1 tahun.

Kelebihan Memilih Smartphone Flagship Keluaran Lama Dibandingkan Mid Level Keluaran Tahun Ini

Meskipun ada beberapa kerugiannya, namun namanya smartphone flagship itu tetap masih bisa memberikan beberapa kelebihan meskipun keluaran lama.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan memilih smartphone flagship keluaran lama dibandingkan dengan smartphone mid level keluaran tahun ini:

  • Chipset dipastikan jauh lebih baik performanya

Kelebihan pertama dari smartphone flagship jelas terletak pada chipsetnya. Mayoritas smartphone flagship itu dilengkapi dengan chipset tier tertinggi. Dan lagi, kebanyakan smartphone flagship itu juga sudah menggunakan chipset unggulan dari Qualcomm.

Hal tersebut tentu belum pasti bisa anda dapatkan dengan memilih membeli smartphone mid level. Pasalnya, banyak smartphone mid level baru yang justru hanya menggunakan chipset dari Mediatek.

  • Desain dan juga materialnya terasa premium

Selain masalah performa dari chipset yang dibenamkan di dalamnya, memilih smartphone flagship keluaran lama juga membuat anda bisa merasakan seberapa premium kualitas sebuah smartphone flagship itu.

Meskipun keluaran lama, mayoritas smartphone flagship itu pasti memiliki desain dan juga material yang terasa premium.

Beda halnya dengan smartphone mid level. Dari dulu sampai saat ini, smartphone mid level itu biasanya dibuat dengan desain biasa dan juga material ala kadarnya.

  • Lebih eksklusif karena jarang yang memilikinya

Kelebihan yang terakhir dari memilih smartphone flagship keluaran lama adalah karena jarang yang memilikinya.

Pasalnya, smartphone flagship dipastikan dijual dengan kisaran harga yang tinggi di awal peluncurannya. Oleh sebab itu, tidak akan banyak orang yang bisa memilikinya.

Berbeda halnya dengan smartphone mid level yang dijual dengan kisaran harga dari 2 jutaan sampai 4 jutaan rupiah.

Jadi bagaimana menurut anda sendiri? Apakah anda juga setuju bahwa membeli smartphone flagship keluaran lama itu jauh lebih baik dibandingkan membeli smartphone mid level keluaran tahun ini?

Tags: #Beli Smartphone Baru #Beli Smartphone Bekas