Pilih Mana Sebelum Beli, Smartphone RAM Besar atau Chipset Seri Tinggi?

Saat mau membeli sebuah smartphone, banyak orang memang memperhatikan beberapa hal. Selain kamera yang dibawa sebuah smartphone, kebanyakan orang juga melihat berapa kapasitas RAM sebuah smartphone.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang lebih mementingan chipset yang dibenamkan di dalam sebuah smartphone.

Terlepas dari kamera, sebenarnya manakah yang lebih penting untuk anda perhatikan ketika mau membeli sebuah smartphone? Apakah anda harus lebih mementingkan RAM besar atau justru anda harus mementingkan chipset seri tinggi di dalam smartphone anda?

Bagi anda yang selama ini juga masih dipusingkan dengan polemik antara RAM besar dan chipset seri tinggi ketika memilih smartphone tersebut, anda bisa pelajari penjelasannya di dalam artikel ini.

Kelebihan Smartphone Dengan RAM yang Kapasitasnya Besar

Untuk bisa mengetahui mana yang lebih tepat antara memperhatikan kapasitas RAM atau chipset yang digunakan di dalam sebuah smartphone, anda harus tau terlebih dahulu apa kelebihan smartphone yang dibekali dengan RAM berkapasitas besar.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan smartphone yang memiliki RAM berkapasitas besar:

  • Bisa dengan lancar digunakan untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Smartphone bisa menjalankan cukup banyak background task tanpa mengurangi performanya.
  • Lebih smooth ketika membuka satu aplikasi.

Namun sayangnya, kapasitas RAM yang benar-benar dibutuhkan sebuah smartphone untuk bisa memberikan kenyamanan secara maksimal itu sebenarnya tidak begitu besar.

Menurut penelitian, smartphone dengan kapasitas RAM 4 GB saja sebenarnya sudah sangat nyaman ketika digunakan untuk berbagai hal.

Hanya saja, memang makin lama kebutuhan RAM sebuah smartphone akan terus meningkat. Namun hal tersebut sudah pasti juga akan diikuti dengan peningkatan komponen dapur pacu yang lain.

Kelebihan Smartphone yang Didalamnya Memiliki Chipset Seri Tinggi

Lalu bagaimana dengan smartphone yang didalamnya terdapat chipset seri tinggi? Apakah smartphone tersebut bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan smartphone yang hanya punya RAM berkapasitas besar saja?

Jika diperhatikan, jelas smarpthone yang membawa chipset seri tinggi itu lebih baik dibandingkan dengan smartphone yang hanya memiliki RAM berkapasitas besar saja.

Kenapa? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Di dalam sebuah chipset itu terdapat berbagai komponen penting seperti CPU dan GPU. 2 komponen tersebut memiliki peranan yang lebih penting dibandingkan dengan RAM.
  • Smartphone yang dibekali dengan chipset seri tinggi biasanya sudah memiliki kapasitas RAM paling optimal.
  • Memiliki chipset seri tinggi membuat sebuah smartphone benar-benar bisa menjalankan aplikasi terbaru tanpa hambatan.

Mana yang Lebih Baik? Chipset Seri Tinggi atau RAM Besar?

Lalu sebenarnya apa yang harus anda perhatikan jika ingin membeli smartphone? Apakah anda harus memperhatikan kapasitas RAM atau chipset yang digunakan di dalam sebuah smartphone?

Semua itu tergantung dari kegunaan smartphone yang mau anda beli. Jika anda memang mau menggunakan smartphone tersebut kebanyakan untuk bermain game, maka anda disarankan untuk memilih smartphone dengan chipset paling tinggi sesuai dengan budget anda.

Pasalnya, smartphone yang digunakan untuk bermain game itu sebenarnya justru lebih membutuhkan chipset seri tinggi. Pasalnya, aplikasi game itu benar-benar bergantung pada CPU serta GPU.

Namun jika tujuan anda membeli smartphone baru hanyalah untuk digunakan membuka beberapa sosial media, chatting, dan juga multimedia ringan, maka anda lebih disarankan untuk memilih smartphone dengan RAM tinggi.

Pasalnya, membuka banyak aplikasi secara bersamaan di sebuah smartphone itu tidak begitu membutuhkan kinerja dari CPU maupun GPU namun lebih ke kapasitas RAM.

Sebagai tambahan dalam memilih chipset yang digunakan di dalam sebuah smartphone, anda juga harus memperhatikan jenis chipsetnya. Pasalnya, sekarang ada cukup banyak jenis chipset yang digunakan oleh vendor smartphone.

Masing-masing jenis chipset memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contohnya saja, chipset dari Qualcomm Snapdragon lebih unggul ketika digunakan untuk gaming, sedangkan chipset Exynos dari Samsung lebih unggul dari segi performa kamera, dan chipset Mediatek lebih unggul dari segi harga.

Oleh sebab itu, selain memperhatikan serinya, anda juga harus memilih jenis chipset smartphone sesuai dengan kebutuhan anda dalam menggunakan smartphone nanti.

Bagaimana? Sekarang sudah cukup paham bukan mana yang lebih baik antara smartphone RAM besar atau smartphone dengan chipset yang serinya tinggi?

Tags: #Chipset Smartphone #RAM Smartphone