Punya Desain Cantik dan Baterai Tahan Lama, Nokia 2.3 Dijual Sangat Murah

Cukup banyak orang yang menantikan peluncuran Nokia seri 8.2 dari HMD Global. Menurut bocorannya, smartphone terbaru dari HMD Global tersebut akan diluncurkan pada tanggal 5 Desember 2019.

Namun ternyata, HMD Global justru memperkenalkan Nokia seri 2.3 di Mesir pada tanggal 5 Desember 2019 kemarin. Meskipun banyak yang kecewa, namun tidak sedikit juga yang justru memuji Nokia 2.3 yang diperkenalkan HMD Global kemarin.

Terdapat 2 hal yang memang begitu menonjol dari Nokia 2.3. Yang pertama adalah desain Nokia 2.3 yang begitu cantik apalagi dibalut dengan warna-warna candy. Selain itu, hal kedua yang juga jadi sorotan pada Nokia 2.3 ini adalah ketahanan baterainya.

Penasaran ingin tau lebih lengkap tentang spesifikasi Nokia 2.3? Jika anda ingin tau mengenai spesifikasi lengkapnya, anda bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Desain Display Kekinian dan Cover Bodi Belakang yang Cantik

Seperti yang sudah disinggung sekilas, desain bodi Nokia 2.3 ini memang jadi hal pertama yang begitu menonjol.

Di bagian layar atau display, Nokia 2.3 memilih menggunakan desain layar dengan notch atau poni berbentuk tetesan air seperti smartphone masa kini.

Namun yang lebih menarik sebenarnya adalah motif yang diukir pada cover bodi belakang Nokia 2.3. Cover bodi belakang Nokia seri 2.3 ini memiliki motif nano textured yang terlihat begitu cantik. Dan yang pasti, motif di cover bagian belakang tersebut juga akan meningkatkan kenyamanan pengguna ketika menggenggam Nokia 2.3.

Sebagai pamungkasnya, HMD Global juga menggunakan material metal sebagai bahan pembuat chassis atau rangka Nokia 2.3 ini. Jadi ketika dilihat, tampilan Nokia 2.3 ini terkesan begitu mewah. Padahal, Nokia 2.3 ini bukanlah smartphone seri mid range. Nokia 2.3 ini adalah smartphone entry level terbaru dari HMD Global.

Ukuran dan Resolusi Display Kekinian

Seperti yang sudah disebutkan, display Nokia 2.3 ini memang menggunakan desain poni berbentuk waterdrop atau tetesan air. Ukuran display yang dibawa sendiri memiliki ukuran diagonal 6.2 inch.

Jenis panel yang digunakan oleh HMD Global di Nokia seri 2.3 ini adalah panel in cell. Meskipun hanya menggunakan panel in cell, Nokia 2.3 ini sudah mendukung resolusi HD+.

Bukan hanya itu saja, Nokia 2.3 ini juga masih menggunakan aspek rasio layar 19:9 yang memang masih merupakan aspek rasio layar paling nyaman digenggaman tangan.

Dapur Pacu Tidak Begitu Istimewa

Karena memang merupakan smartphone entry level, sudah pasti Nokia 2.3 tidak akan dilengkapi dengan dapur pacu yang luar biasa.

Dapur pacu Nokia 2.3 ini hanyalah menggunakan chipset dari Mediatek Helio A22 yang memang seringkali digunakan untuk smartphone entry level. Chipset Mediatek Helio A22 ini juga masih belum dibekali dengan CPU octa core. Jadi Nokia 2.3 hanya akan memiliki CPU quad core saja.

Sedangkan untuk RAM dan juga memori internalnya, Nokia 2.3 ini memiliki RAM 2 GB dengan memori internal sebesar 32 GB. Namun Nokia seri 2.3 ini masih dilengkapi dengan slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 512 GB.

Untuk sistem operasinya, Nokia 2.3 ini memang masih membawa sistem operasi Android 9 sebagai OS pabrikan. Namun menurut HMD Global, Nokia 2.3 ini sudah bisa diupdate sistem operasinya menjadi Android 10.

Dan lagi, HMD Global menjanjikan akan memberikan pembaruan sistem operasi untuk Nokia 2.3 ini selama 2 tahun dan 3 tahun untuk sistem keamanannya.

Spesifikasi Kamera Biasa Dengan Fitur Luar Biasa

Nokia 2.3 juga sudah dibekali dengan konfigurasi dual kamera di bagian belakang dan satu kamera selfie di bagian depan.

Untuk urusan kamera, spesifikasinya bisa dikatakan biasa saja seperti halnya dapur pacunya. Namun meskipun hanya membawa konfigurasi dual kamera yang terdiri dari kamera primer 13 MP dan kamera 2 MP depth sensing, Nokia 2.3 ini dilengkapi dengan fitur yang luar biasa.

Nokia 2.3 ini dilengkapi dengan fitur night mode dan satu fitur khusus yang disebut dengan recommended shot. Yang dimaksud dengan recommended shot ini adalah smartphone akan mengambil 15 foto sebelum dan juga sesudah pengguna menekan tombol shutter.

Fitur recommended shot ini bisa dimiliki Nokia 2.3 karena di dalam chipset Mediatek Helio A22 sudah dilengkapi dengan teknologi AI.

Sedangkan untuk bagian depan, Nokia 2.3 ini dilengkapi dengan kamera selfie 5 MP yang juga sudah mendukung fitur face unlock.

Baterai Berkapasitas Besar

Pada bagian baterai, Nokia 2.3 ini bisa dikatakan membawa baterai yang kapasitasnya melebihi kebutuhan.

Kenapa? Karena dengan chipset Mediatek Helio A22, Nokia 2.3 ini dibekali dengan baterai yang kapasitasnya hingga 4.000 mAh.

Padahal, chipset Mediatek Helio A22 ini adalah chipset yang sangat hemat daya. Oleh sebab itu, HMD Global juga mengklaim bahwa Nokia 2.3 ini bisa bertahan selama 2 hari dalam kondisi idle.

Sedangkan untuk proses pengisian dayanya, Nokia 2.3 ini masih menggunakan port micro USB dan hanya menggunakan charger 5V 1A saja.

HMD Global sudah membeberkan sekaligus bahwa Nokia 2.3 ini akan tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu cyan green, cyan, dan juga charcoal. Sedangkan untuk harganya, HMD Global berencana menjual Nokia 2.3 ini dengan harga 109 Euro atau 1,6 jutaan Rupiah.