Realme XT, Smartphone Dengan Kamera 64 MP Penantang Redmi Note 8 Pro

68 views

Realme XT resmi diluncurkan oleh sub-brand dari pabrikan Oppo ini dengan dibekali 4 buah kamera utama. Selain memiliki 4 buah kamera atau yang lebih sering disebut dengan quad camera, salah satu sensor kamera utama Realme XT ini menggunakan sensor sebesar 64 MP.

Dengan memiliki 4 buah kamera utama dan salah satunya memiliki sensor 64 MP, sudah dapat dipastikan bahwa Realme XT ini akan berhadapan langsung dengan Redmi Note 8 Pro.

Lalu apakah Realme XT ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro? Apakah kamera yang digunakan juga bisa memberikan kualitas yang setara? Simak lebih lanjut penjelasan spesifikasi lengkap dari Realme XT di dalam artikel ini.

Display 6.4 Inch Dengan Notch

Realme XT memang masih menggunakan desain layar dengan notch berbentuk tetesan air untuk penempatan kamera bagian depan.

Namun desain layar dengan notch tersebut sama sekali tidak membuat Realme XT terlihat kuno. Meskipun menggunakan notch, Realme XT tetap tampil mewah karena penggunaan material kaca baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Material kaca yang digunakan di Realme XT adalah dari Corning Gorilla Glass 5.

Realme XT menggunakan panel layar berukuran 6.4 inch berteknologi Super AMOLED. Yang menarik, meskipun masih menggunakan desain notch, rasio screen to bodi Realme XT ini masih tetap tinggi yaitu sebesar 84.7%.

Selain sudah support resolusi full HD+ (1080 piksel X 2340 piksel), layar Realme XT juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint under display dengan area yang 2 kali lebih luas dari sensor fingerprint under display di smartphone Android lainnya.

Chipset, GPU, CPU, OS, dan UI Realme XT

Selain tampilannya luarnya yang begitu mewah, Realme XT juga memiliki dapur pacu yang tidak kalah menggelegar.

Pada bagian chipset, Realme XT ini sudah dibekali dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 712 yang difabrikasi dengan teknologi 10 nm. Dengan menggunakan chipset tersebut, Realme XT ini memiliki CPU 8 inti dengan 2 inti Kryo 360 Gold berkecepatan 2.3 Ghz dan 6 inti Kryo 360 Silver berkecepatan 1.7 Ghz.

Untuk mendongkrak performa Realme XT dari segi grafis, Realme XT ini dibekali dengan GPU Adreno 616. Tak hanya itu saja, Realme XT ini juga sudah menggunakan sistem operasi Android 9 (Pie) dan sistem UI ColorOS 6.

Sebagai tambahan, menurut infonya, Realme XT ini juga bisa diperbarui sistem operasinya hingga OS Android 10. Realme akan meluncurkan pembaruan sistem operasi untuk seri XT ini setelah OS Android 10 resmi diluncurkan.

Memori Internal dan RAM Realme XT

Memiliki dapur pacu yang WOW tak lengkap jika tidak diikuti dengan penggunaan memori internal yang mumpuni. Oleh sebab itu, Realme XT ini tidak dibekali dengan memori internal teknologi lama lagi.

Realme XT ini akan membawa memori internal teknologi baru yang disebut dengan UFS 2.1. Memori internal UFS 2.1 tersebut memiliki kecepatan baca tulis yang jauh lebih cepat dari teknologi eMMC.

Untuk urusan kapasitas memori internal maupun RAM, Realme XT ini akan hadir dalam beberapa pilihan seperti memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB, 128 GB dengan 6 GB, dan 128 GB dengan 8 GB.

Jika memang kapasitas memori internal Realme XT dirasa kurang, anda masih bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan datanya dengan microSD. Realme XT ini support penggunaan microSD hingga kapasitas 256 GB.

Kamera Utama dan Kamera Sekunder Realme XT

Realme XT ini memang punya kelebihan dari segi kameranya. Tak main-main, selain dibekali dengan 4 buah kamera utama, salah satu kamera utamanya memiliki sensor sebesar 64 MP.

Sensor kamera berukuran 64 MP tersebut juga termasuk sensor berkualitas dari Samsung ISOCELL Bright GW1 Quad Bayer. Selain itu, juga terdapat 3 buah kamera berukuran 8 MP ultrawide, 2 MP macro kamera, 2 MP depth sensor.

Selain itu, quad kamera di bagian belakang tersebut juga dilengkapi dengan LED flash dan juga fitur EIS.

Dengan memiliki 4 buah kamera, sudah dapat dipastikan Realme XT ini juga bisa dengan mudah digunakan merekam video dengan kualitas 2160@30fps.

Sedangkan pada bagian depan, Realme XT ini dibekali dengan kamera selfie berukuran 16 MP. Kamera depan Realme XT ini juga sudah dibekali fitur EIS dan juga sudah bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080@30fps.

Kapasitas Baterai Realme XT

Dengan semua hardware mumpuni di dalam Realme XT, sudah pasti Realme XT ini membutuhkan supply daya yang mumpuni juga.

Oleh sebab itu, Realme XT ini dibekali dengan baterai Li-Po berkapasitas 4000 mAh. Selain itu, Realme XT ini juga dibekali dengan fitur fast charging 20W yang disebut VOOC Fast Charge 3.0 dengan konektor USB tipe C 1.0.

Realme XT ini akan mulai dijual di pasar India terlebih dahulu pada tanggal 16 September 2019. Kisaran harga jual Realme XT ini dengan memori internal dan RAM terendah adalah 15.999 Rupee atau setara 3,1 juta Rupiah.

Tags: #Fitur Realme XT #Harga Realme XT #Spesifikasi Realme XT