Resmi Diperkenalkan, Xiaomi Redmi 8A Usung Sensor Kamera Sony dan Baterai 5000 mAh

Setelah berhasil membuat banyak orang berdecak kagum dengan Mi Mix Alpha, Xiaomi tak tinggal diam. Xiaomi kembali membuat gempar dengan memperkenalkan Xiaomi Redmi 8A.

Xiaomi Redmi 8A memang adalah smartphone yang dibuat untuk mengisi lini smartphone entry level. Namun meskipun masuk kategori smartphone entry level, Xiaomi Redmi 8A bisa dikatakan punya banyak kelebihan jika dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Salah satu kelebihan dari Xiaomi Redmi 8A yang masuk kategori smartphone entry level ini adalah pada sensor kamera dan juga kapasitas baterainya. Tak main-main, Xiaomi membekali penerus seri Redmi ini dengan sensor kamera Sony dan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Mau tau lebih lanjut mengenai spesifikasi dari Xiaomi Redmi 8A? Anda bisa baca spesifikasi lengkap penerus seri Redmi tersebut di dalam artikel ini.

Layar Lebih Besar Dengan Desain Berponi

Peningkatan pertama dari Xiaomi Redmi 8A yang bisa dengan mudah terlihat adalah pada bagian layarnya. Xiaomi Redmi 8A akan membawa layar berukuran 6.2 inch dengan desain poni berbentuk tetesan air.

Sedangkan untuk panel yang digunakan di Xiaomi Redmi 8A masih sama seperti seri sebelumnya yaitu panel IPS LCD.

Namun meskipun menggunakan panel yang teknologinya sama, Xiaomi Redmi 8A sudah mampu mendukung resolusi yang lebih tinggi yaitu 720 piksel X 1520 piksel dengan aspek rasio 19:9. Selain itu, layar Xiaomi Redmi 8A juga sudah dilindungi menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Performa Serupa Dengan Seri Sebelumnya

Xiaomi Redmi 8A memang tidak mengalami peningkatan pada jeroannya. Untuk chipsetnya, Xiaomi Redmi 8A masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 439 yang memiliki CPU 8 inti dengan kecepatan maksimal 1.95 Ghz.

Sedangkan untuk pengolahan grafisnya, Xiaomi Redmi 8A juga masih membawa GPU Adreno 505 seperti pendahulunya.

Untuk urusan ROM dan RAM, Xiaomi Redmi 8A ini hadir dalam 2 pilihan yaitu ROM 32 GB dengan RAM 2 GB serta ROM 32 GB dengan RAM 3 GB. Jika kapasitas ROM dirasa masih kurang, Xiaomi Redmi 8A masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal berjenis microSD. Kapasitas maksimal microSD yang bisa digunakan adalah 512 GB.

Xiaomi Redmi 8A juga masih menjalankan sistem operasi Android 9 sebagai versi bawaannya. Selain itu, sistem antarmuka bawaan di dalamnya juga masih MIUI 10. Namun kabarnya, Xiaomi Redmi 8A akan mendapatkan pembaruan OS Android 10 serta sistem antarmuka MIUI 11 dalam waktu dekat.

Kamera Utama 12 MP Pakai Sensor Sony IMX363

Selain mengalami peningkatan pada bagian layar, Xiaomi Redmi 8A juga mengalami peningkatan pada bagian kameranya.

Jika dilihat secara spesifikasinya, memang Xiaomi Redmi 8A menggunakan kamera yang lebih rendah ukuran sensornya dari seri pendahulunya. Pasalnya, Xiaomi Redmi 8A hanya dibekali dengan kamera utama berukuran sensor 12 MP saja sedangkan versi pendahulunya membawa kamera dengan sensor 13 MP.

Namun meskipun sensornya lebih kecil, Xiaomi Redmi 8A membawa sensor Sony IMX363 yang jauh lebih baik kualitasnya dibandingkan dengan versi pendahulunya. Selain itu, sensor Sony juga sudah biasa dibenamkan di dalam smartphone kelas flagship.

Jadi bisa dikatakan Xiaomi Redmi 8A adalah smartphone entry level pertama yang menggunakan sensor kamera Sony.

Selain itu, Xiaomi Redmi 8A juga dibekali dengan kamera sekunder atau kamera selfie berukuran 8 MP. Baik kamera utama maupun kamera sekunder Xiaomi Redmi 8A juga sudah dilengkapi dengan fitur AI sehingga dipastikan hasil jepretannya jauh lebih baik.

Baterai 5.000 mAh Dengan Fast Charging 18W

Peningkatan berikutnya dari Xiaomi Redmi 8A adalah pada bagian baterainya. Xiaomi Redmi 8A sudah membawa baterai yang kapasitasnya meningkat drastis jika dibandingkan dengan versi pendahulunya.

Xiaomi Redmi 8A menggendong baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 5.000 mAh. Bukan hanya kapasitas baterainya saja yang diperbesar, Xiaomi Redmi 8A juga dilengkapi dengan fitur fast charging yang lebih tinggi yaitu 18W melalui konektor tipe C 1.0.

Namun sayangnya, Xiaomi Redmi 8A hanya dibekali dengan kepala charger yang mendukung fitur fast charging 10W saja. Jadi kemungkinan besar anda harus membeli sendiri kepala charger yang sudah mendukung fast charging 18W.

Peningkatan Tambahan Pada Xiaomi Redmi 8A

Selain mengalami peningkatan pada hal-hal inti seperti layar, kamera, dan juga baterai, Xiaomi Redmi 8A ternyata juga mengalami peningkatan pada beberapa hal detail seperti sudah mendapatkan rating P2i yang menjadi bukti bahwa smartphone ini tahan dengan percikan air.

Bukan hanya itu saja, Xiaomi Redmi 8A juga hadir dengan pilihan warna yang lebih cerah yaitu sunset red, ocean blue, dan juga midnight black.

Dan yang terakhir, Xiaomi Redmi 8A juga hadir menggunakan desain bodi yang nyaman digenggam tangan. Desain bodi tersebut disebut dengan aura wave grip.

Xiaomi Redmi 8A akan mulai dipasarkan pertama kali di India melalui channel pemasaran Xiaomi sendiri serta Flipkart. Untuk harganya, Xiaomi Redmi 8A dijual dengan kisaran harga 1 jutaan Rupiah saja.

Tags: #Fitur Xiaomi Redmi 8A #Harga Xiaomi Redmi 8A #Spesifikasi Xiaomi Redmi 8A

Comments are closed.