Rust, Game Mirip PUBG Dengan Fitur Tambahan yang Lebih Menggelegar

163 views

PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds) memang masih menjadi game yang sangat populer di jaman sekarang. PUBG begitu disukai karena memiliki konsep game online yang benar-benar baru.

Namun demikian, ada satu hal yang kurang dari PUBG. Hal yang dirasakan kurang dari game PUBG adalah adanya fitur crafting. Coba bayangkan bagaimana serunya game genre battle royal yang dilengkapi dengan fitur crafting.

Jika anda memang tertarik untuk memainkan game genre battle royal dengan tambahan fitur crafting, ada satu game mirip PUBG berjudul Rust yang perlu anda coba mainkan.

Tertarik dengan game mirip PUBG yang berjudul Rust tersebut? Mau tau bagaimana serunya game berjudul Rust tersebut? Anda bisa baca review game Rust tersebut di artikel ini.

Rust Bukan Sepenuhnya Game Mirip PUBG Jika Dilihat dari Gameplaynya

Oke, banyak yang menyebut Rust adalah game mirip PUBG. Hal ini sebenarnya kurang tepat. Kenapa? Karena Rust adalah game yang dirilis pada tahun 2013. Sedangkan PUBG sendiri baru dirilis pada tahun 2017.

Jadi bisa dikatakan bahwa Rust adalah game yang hadir lebih dulu. Namun sayangnya, popularitas game Rust memang tidak sebaik PUBG. Oleh sebab itu, kebanyakan orang menganggap Rust adalah game baru sehingga biasa disebut dengan game mirip PUBG.

Rust sebenarnya juga tidak bisa disebut 100% game mirip PUBG. Pasalnya, gameplay game Rust dan juga PUBG itu cukup berbeda. Memang kedua game tersebut merupakan game genre battle royal. Namun gameplaynya tetap memiliki perbedaan.

Salah satu perbedaan gameplay Rust dari PUBG adalah anda tidak hanya harus bertahan hidup dari pemain lain saja. Namun anda juga harus bertahan hidup dari berbagai macam hewan liar di dalam game Rust.

Selain tipe PVE dan PVP, Rust juga tidak bisa dikatakan sepenuhnya sebagai game mirip PUBG karena ada fitur yang jauh lebih lengkap di dalam game Rust. Salah satu fitur luar biasanya adalah fitur crafting. Dengan adanya fitur crafting, permainan menjadi semakin seru dan menegangkan.

Fitur Menggelegar Game Rust yang Membuatnya Kurang Tepat Disebut Sebagai Game Mirip PUBG

Seperti yang sudah sedikit dibahas sebelumnya, game Rust ini memang kurang tepat jika disebut sebagai game mirip PUBG. Game Rust ini mempunyai fitur yang jauh lebih seru dibandingkan dengan game PUBG.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang membuat Rust bisa lebih menggelegar dibandingkan dengan game PUBG:

· Fitur crafting

Meskipun sering disebut sebagai game mirip PUBG, Rust sebenarnya memiliki fitur-fitur yang lebih baik.

Salah satu fitur di dalam game Rust yang membuatnya lebih baik dari PUBG adalah adanya fitur crafting. Anda bisa membuat banyak item sendiri untuk bertahan hidup di dalam game Rust ini.

Menariknya lagi, anda bahkan bisa membangun sendiri basecamp. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam pertahanan pada basecamp anda.

· Fitur sandbox

Rust tidak hanya lebih menarik dari game PUBG karena memiliki fitur crafting. Rust juga semakin menarik dari game PUBG karena memiliki fitur sandbox.

Anda tidak hanya bisa membangun basecamp sendiri. Anda bahkan bisa menghancurkan basecamp pemain lain. Selain itu, anda juga bisa berinteraksi dengan semua item yang ada di dalam game Rust.

Jika anda menemukan pohon, anda bisa menebang pohon tersebut untuk mendapatkan kayu. Jika anda menemukan batu, anda bisa memecahkan batu tersebut untuk mendapatkan beberapa macam bahan mentah seperti batu dan juga terkadang biji besi.

· Fitur bertahan hidup realistis

Tidak seperti game PUBG, game Rust memiliki mekanisme bertahan hidup yang jauh lebih realistis. Di game PUBG, anda hanya perlu memperhatikan health bar saja.

Sedangkan di game Rust, anda tidak hanya harus memperhatikan heatlh bar, anda juga harus memperhatikan daily need seperti minum dan juga makan. Permainan anda tidak hanya bisa berakhir karena dihajar oleh pemain lain atau hewan liar di game Rust, permainan andapun bisa berakhir hanya karena karakter anda kelaparan ataupun mengalami dehidrasi.

· Fitur leveling karakter

Di dalam game PUBG, anda sama sekali tidak perlu memikirkan mengenai level karakter. Yang perlu anda perhatikan untuk bisa menjadi pemenang dalam permainan hanyalah equipment dan juga strategi yang anda gunakan.

Namun hal tersebut tidak berlaku di game Rust. Di dalam game Rust terdapat fitur leveling karakter. Semakin tinggi level karakter anda, maka semakin banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Fitur leveling karakter di dalam game Rust ini juga berfungsi untuk membuka berbagai macam item yang bisa anda buat. Jadi bisa dikatakan semakin tinggi level karakter anda di game Rust, maka akan semakin banyak pula item yang bisa anda gunakan untuk bertahan hidup.

Mekanisme leveling karakter di game Rust sendiri juga dibagi menjadi beberapa macam keahlian. Anda bisa meningkatkan level karakter dengan menebang pohon, menghancurkan batu, dan masih banyak lagi.

Fitur leveling karakter ini juga salah satu alasan kenapa game Rust sebenarnya kurang tepat jika disebut sebagai game mirip PUBG.

· Fitur raid

Selain bertahan hidup di dunia yang penuh dengan radiasi, Rust juga memberikan kesempatan bagi pemain untuk “merampok” basecamp pemain lain.

Ya, anda sebenarnya tidak perlu bersusah payah untuk mengumpulkan berbagai macam bahan baku untuk bisa bertahan hidup di game Rust. Anda bisa mendapatkan semua bahan baku dengan mudah hanya dengan “merampok” basecamp pemain lain.

Namun demikian, anda harus siap dengan berbagai item khusus seperti dinamit untuk mendukung proses “perampokan” basecamp pemain lain.

· Fitur status effect

Meskipun sekilas memang Rust ini tampak seperti game mirip PUBG, namun sebenarnya ada banyak sekali hal yang membedakan kedua game tersebut.

Salah satu fitur yang juga membedakan antara Rust dan PUBG adalah adanya fitur status effect. Bagi anda yang sudah terbiasa bermain game RPG, anda pasti sudah sangat paham dengan apa yang dimaksud dengan status effect.

Status effect adalah status tidak permanen yang dapat mempengaruhi karakter anda secara positif ataupun negatif (buff atau debuff).

Di dalam game Rust terdapat setidaknya 7 macam jenis status effect. 7 macam status effect tersebut adalah seperti bleeding, too cold, too hot, comfort, poison, radiation poison, dan juga wounded.

Kesimpulan

Ya, Rust memang masih sering disebut sebagai game mirip PUBG. Namun jika anda sudah pernah memainkannya, anda pasti setuju bahwa game Rust itu sebenarnya memiliki fitur-fitur yang jauh lebih kompleks dari game PUBG.

Namun demikian, memang game Rust ini tidak selalu disukai oleh anda yang sudah terbiasa bermain game PUBG. Salah satu alasannya adalah anda membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk bisa menguasai game Rust ini karena memang inti permainannya bukanlah battle royal.

Jika anda memang tertarik untuk mencoba langsung memainkan Rust yang selama ini disebut sebagai game mirip PUBG, anda bisa membelinya dari Steam (untuk PC).

Tags: #Game Mirip PUBG