Samsung Galaxy M40, Smartphone Dengan Desain Layar Berlubang Infinity O

Samsung adalah salah satu produsen smartphone yang sangat populer. Produsen smartphone asal Korea Selatan ini sudah bercokol di 3 besar merek smartphone yang paling laris di beberapa negara.

Namun sayang, beberapa tahun ini Samsung mulai merasakan perlawanan cukup sengit dari vendor smartphone asal negeri tirai bambu di pasar India.

Oleh sebab itu, tahun 2019 ini memang Samsung tampak lebih serius menggarap pasar smartphone di India. Hal tersebut dilakukan dengan meluncurkan beberapa lini smartphone unggulan.

Berbicara mengenai lini smartphone unggulan, Samsung Galaxy M40 adalah salah satu lini smartphone yang digunakan Samsung untuk melibas market share di pasar India.

Pasalnya, Samsung Galaxy M40 tidak hanya memiliki desain yang mewah, namun juga dibekali dengan spesifikasi yang garang.

Seperti apa spesifikasi yang dibawa Samsung Galaxy M40 tersebut? Bagi anda yang mau tau spesifikasi lengkapnya, anda bisa pelajari lebih lanjut di dalam artikel ini.

Seri M Pertama dari Samsung Dengan Display Infinity O

Display Samsung Galaxy M40 memang memegang peranan penting. Pasalnya, Samsung Galaxy M40 ini adalah seri M pertama yang menggunakan desain display infinity O atau layar berlubang.

Dengan menggunakan desain layar berlubang tersebut, Samsung Galaxy M40 tampak memiliki layar yang lebih luas dari seri M sebelumnya.

Padahal, ukuran display Samsung Galaxy M40 tidak mengalami perubahan yang begitu signifikan. Seri M40 ini menggunakan display dengan ukuran 6,3 inch saja.

Namun dengan menggunakan desain infinity O, display Samsung Galaxy M40 berhasil mendapatkan rasio screen ke bodi sangat tinggi yaitu 91.8%.

Sayangnya, panel Samsung Galaxy M40 ini tidak menggunakan panel Super AMOLED. Samsung Galaxy M40 hanya menggunakan panel PLS TFT yang sebenarnya sudah cukup ketinggalan jaman.

Namun demikian, panel tersebut masih bisa memberikan kecerahan warna yang oke dan sudah mendukung resolusi FHD+.

Memakai Chipset Qualcomm Snapdragon 675

Di bagian chipset, Samsung Galaxy M40 ini tidak dibekali dengan chipset Exynos besutan Samsung sendiri.

M40 ditenagai dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon seri 675. Dengan menggunakan chipset tersebut, Samsung Galaxy M40 ini memiliki CPU octa core yang terdiri dari CPU Kryo 460 Gold berkecepatan 2.0 Ghz dan CPU Kryo 460 Silver berkecepatan 1.7 Ghz.

Dan di bagian CPU untuk pengolahan grafisnya, chipset Snapdragon 675 ini sudah memiliki GPU Adreno 612 yang cukup luar biasa performanya ketika digunakan untuk gaming.

Untuk urusan kapasitas memori internal dan RAM, Samsung Galaxy M40 ini hadir dalam 2 pilihan yaitu memori internal 64 GB dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB dengan RAM 6 GB.

Dan sebagai tambahan, Samsung Galaxy M40 ini juga masih bisa ditambahkan dengan microSD dengan kapasitas maksimal  512 GB.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy M40 menggunakan sistem operasi Android 9 sebagai sistem operasi bawaan pabrik. Sedangkan untuk sistem antarmukanya, Samsung Galaxy M40 menggunakan One UI besutan Samsung sendiri.

3 Kamera Utama 32 MP

Samsung Galaxy M40 memang sudah tampak begitu mewah dilihat dari displaynya. Namun seri M40 ini makin memukau jika dilihat pada bagian kameranya.

Seri M40 ini membawa 3 buah kamera dengan sensor utama 32 MP serta ditemani dengan 2 sensor lain yang berukuran 8 MP yang merupakan jenis ultrawide dan sensor 5 MP dengan live fokus.

Sedangkan di bagian depan, seri M40 ini dibekali dengan kamera selfie 16 MP yang memiliki aperture besar yaitu f/2.0.

Baterai Cukup Besar

Untuk bagian baterai, Samsung Galaxy M40 memag tidak bisa dikatakan memukau. Hanya saja kapasitas baterainya dirasa sudah cukup memadai.

Seri M40 ini memang dibekali dengan baterai yang kapasitasnya biasa saja. kapasitas baterai yang dibawanya adalah 3.500 mAh.

Namun untungnya, hal tersebut tertutup dengan adanya penambahan fitur fast charging 15W dengan menggunakan port USB tipe C.

Samsung Galaxy M40 ini hadir dalam 2 pilihan warna yaitu midnight blue dan juga seawater blue. Seri M40 ini dijual dengan kisaran harga termurah 20.490 Rupee atau setara dengan 4 juta Rupiah.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai kapan Samsung akan memboyong seri M40 ini ke negara lain, terutama ke Indonesia.