Seperti Ini Macam Fitur Kamera Smartphone di Zaman Sekarang

35 views

Kamera sudah jadi satu hal yang paling diperhitungkan di dalam sebuah smartphone. Sekarang, kebanyakan orang juga mulai selektif dalam memilih satu seri dan merek smartphone berdasarkan spesifikasi kameranya.

Selain berlomba dalam menyematkan lebih dari satu jenis lensa di dalam smartphone, banyak sekali produsen smartphone yang juga memperhitungkan masalah fitur-fitur kamera yang disematkan di dalam smartphone besutannya.

Pasalnya, selain jumlah lensa yang dibawa, banyak orang juga mulai memperhatikan fitur kamera seperti apa saja yang dimiliki oleh sebuah smartphone baru itu.

Lalu seperti apa saja fitur-fitur kamera yang saat ini mulai banyak disematkan di smartphone keluaran tahun 2019? Bagi anda yang mau tau seperti apa saja fitur yang disematkan di dalam smartphone keluaran tahun 2019 untuk mendongkrak spesifikasi kameranya, anda bisa pelajari hal tersebut selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Fitur Kamera yang Wajib Ada di Smartphone Keluaran Tahun 2019

Kalau berbicara masalah spesifikasi kamera smartphone, sebenarnya hal tersebut masih kurang maksimal. Pasalnya, sebagus apapun spesifikasi kamera yang dibawa sebuah smartphone, hal tersebut akan sia-sia saja jika tidak dilengkapi dengan fitur canggih.

Berikut ini adalah beberapa fitur kamera canggih yang bisa dikatakan menjadi fitur yang wajib ada di smartphone keluaran tahun 2019:

  1. Fitur night mode

Night mode adalah fitur kamera pertama yang sudah wajib harus ada di smartphone keluaran tahun 2019.

Fitur satu ini sebenarnya sudah mulai diperkenalkan oleh beberapa produsen smartphone besar di tahun 2018. Lalu di tahun 2019 ini, hampir semua produsen smartphone mulai menggunakan fitur tersebut di smartphone yang diproduksinya.

Lalu apa sebenarnya fungsi dari fitur night mode tersebut? Fitur night mode ini berfungsi untuk memaksimalkan hasil tangkapan kamera di kondisi yang minim pencahayaan.

Dengan adanya fitur night mode ini, kamera smartphone bisa menghasilkan foto berkualitas yang minim noise meskipun dalam kondisi yang sangat minim pencahayaan.

Fitur night mode ini sebenarnya juga membutuhkan teknologi AI yang terdapat di dalam chipset yang digunakan di dalam smartphone.

  1. Fitur mode manual atau mode pro

Meskipun memang banyak smartphone yang mulai membenamkan teknologi auto untuk menciptakan foto yang berkualitas, mulai banyak orang yang justru kurang begitu suka dengan hal tersebut.

Oleh sebab itu, selain membenamkan fitur auto, mulai ada beberapa produsen smartphone yang melengkapi smartphone besutannya dengan fitur mode manual atau mode pro untuk kameranya.

Dengan menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa dengan mudah mengatur banyak hal secara manual seperti halnya ketika menggunakan kamera DSLR.

Sayangnya, memang fitur mode manual atau mode pro ini baru tersedia di smartphone kelas flagship. Semoga saja di tahun 2020 nanti sudah mulai banyak smartphone mid level yang dibekali dengan fitur ini.

  1. Fitur hybrid zoom

Fitur kamera berikutnya yang juga mulai digunakan di smartphone tahun 2019 adalah fitur hybrid zoom.

Fitur hybrid zoom ini adalah satu fitur yang menggabungkan antara hardware dan juga software. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna smartphone bisa dengan mudah mengabadikan foto-foto makro dengan kualitas tinggi.

Sampai saat ini, fitur hybrid zoom ini memang belum begitu banyak digunakan oleh produsen smartphone. Fitur hybrid zoom ini baru digunakan oleh Huawei dan juga Oppo.

  1. Fitur auto fokus di kamera depan

Fitur auto fokus itu memang adalah satu fitur yang sudah sangat biasa di kamera utama. Namun sayangnya, fitur tersebut masih sangat jarang muncul di kamera depan atau kamera selfie sebuah smartphone.

Masih sangat sedikit produsen smartphone yang menyematkan fitur auto fokus di kamera selfie. Sampai saat ini, hanya smartphone kelas premium saja yang sudah dibekali dengan fitur auto fokus.

Padahal dengan adanya fitur auto fokus di bagian kamera depan, pengguna akan jauh lebih mudah mengabadikan foto selfie yang berkualitas.

  1. Fitur OIS

Fitur kamera smartphone yang wajib ada di smartphone keluaran tahun 2019 terakhir adalah fitur OIS.

OIS atau optical image stabilization adalah satu fitur yang sangat penting dalam dunia fotografi mobile. Tanpa adanya fitur tersebut, dapat dipastikan anda akan sangat kesulitan menciptakan foto yang jernih.

Pasalnya, fitur OIS dapat mengurangi efek blur pada foto yang diakibatkan karena goyangan tangan saat mengabadikan foto.

Bukan hanya untuk mengabadikan foto saja, fitur OIS ini bahkan sangat bermanfaat untuk merekam video menggunakan kamera smartphone.

Sekarang sudah paham bukan apa saja fitur kamera yang seharusnya ada di smartphone keluaran tahun 2019 itu?

Lalu bagaimana dengan smartphone yang anda miliki? Apakah smartphone yang anda miliki sudah memiliki semua fitur kamera yang dijabarkan di dalam artikel ini?

Tags: #Fitur Kamera Smartphone