Seperti Ini Prediksi Tren Smartphone Tahun 2020 Mendatang

27 views

Perkembangan teknologi smartphone memang bisa dikatakan begitu cepat. Jika dibandingkan dengan teknologi smartphone tahun 2018, memang smartphone di tahun 2019 ini jauh lebih banyak membawa teknologi baru.

Menariknya, teknologi-teknologi baru tersebut tampak menjadi tren di tahun 2019 ini. Salah satu contoh tren teknologi smartphone tahun 2019 ini adalah teknologi display berponi.  Selain itu, ada juga tren penggunaan konfigurasi kamera lebih dari 2.

Melihat fakta tersebut, tentunya hal ini kemungkinan besar akan terus berlanjut hingga tahun 2020 nanti. Namun menurut prediksinya, akan ada sedikit perubahan tren smartphone di tahun 2020 nanti.

Penasaran seperti apa tren smartphone yang akan meluncur di tahun 2020 nanti? Bagi anda yang mau tau prediksinya, anda bisa baca selengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 6 Macam Hal yang Diprediksi Akan Jadi Tren Smartphone Tahun 2020 Nanti

Jika berbicara mengenai seperti apa smartphone yang diluncurkan pada tahun 2020 nanti, sebenarnya sudah mulai muncul beberapa prediksi.

Berikut ini adalah beberapa hal yang diyakini akan jadi tren di smartphone keluaran tahun 2020 nanti:

  1. Penggunaan kamera depan di bawah layar

Beberapa waktu lalu, Samsung sudah memastikan akan mulai membuat layar smartphone tanpa poni di tahun 2020.

Untuk mengakali masalah penempatan kamera di bagian depan, Samsung sudah akan menggunakan teknologi kamera depan yang dipasang di bawah layar.

Nantinya, kamera akan disembunyikan di balik notifikasi. Ketika kamera depan diaktifkan, secara otomatis notifikasi bar di bagian layar akan berkurang opacitynya.

Jika hal tersebut memang benar sudah bisa diwujudkan secara nyata oleh Samsung, kemungkinan teknologi tersebut akan jadi tren di smartphone tahun 2020 nanti.

Kenapa? Karena teknologi tersebut membuat produsen smartphone bisa berhemat dalam mekanisme kamera depan. Bukan hanya itu saja, tampilan smartphone akan makin mewah jika benar-benar bisa hadir tanpa notch atau poni di bagian depan.

  1. Fitur under display fingerprint akan menjadi standard wajib

Jika teknologi kamera depan di bawah layar benar-benar jadi tren smartphone tahun 2020, maka secara otomatis fitur under display fingerprint juga akan jadi standard pengaman smartphone tahun 2020 juga.

Kenapa? Karena jenis panel yang dibutuhkan untuk bisa menggunakan teknologi kamera di bawah layar dan juga sidik jari di bawah layar itu sama.

Jadi kemungkinan besar akan ada lebih banyak seri smartphone yang sekaligus menyematkan fitur under display fingerprint.

  1. Mayoritas cover belakang smartphone dibalut kaca

Selain menggunakan teknologi under display fingerprint, smartphone tahun 2020 kemungkinan besar juga akan dibalut dengan material kaca di bagian belakangnya.

Kenapa? Karena di bagian depan, smartphone tahun 2020 kemungkinan besar sudah banyak menggunakan pelindung dari Gorilla Glass. Jadi tidak aneh jika di bagian belakang juga sekaligus dibekali dengan pelindung yang sama dari material kaca.

Selain bisa melindungi, penggunaan kaca dari Gorilla Glass juga sekaligus bisa meningkatkan tampilan smartphone.

  1. Fast charging jadi fitur wajib dan kemungkinan dayanya makin besar

Karena tuntutan mobilitas yang sangat tinggi oleh pengguna, maka hampir pasti di tahun 2020 semua smartphone sudah dibekali dengan fitur fast charging.

Selain sudah semua smartphone dibekali dengan fitur tersebut, kemungkinan besar fitur fast charging smartphone di tahun 2020 juga akan makin besar dari teknologi fast charging di tahun 2019 ini.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk makin mempercepat durasi yang dibutuhkan untuk mengisi baterai smartphone sampai penuh.

  1. Baterai akan makin irit dengan adanya fitur AI management battery system

Selain dilengkapi dengan fitur fast charging, ada kemungkinan smartphone di tahun 2020 juga sudah makin banyak yang memaksimalkan fitur AI management battery system.

Dengan memaksimalkan penggunaan AI di bagian baterai, dapat dipastikan daya baterai smartphone bisa lebih irit.

  1. Mulai muncul smartphone dengan sistem eSIM

Jika diperhatikan, tahun 2019 ini sudah mulai digaungkan masalah teknologi eSIM pada smartphone.

Kemungkinan besar teknologi tersebut bisa direalisasikan di tahun 2020. Ada kemungkinan akan muncul beberapa smartphone yang sudah mendukung penggunaan teknologi tersebut di tahun 2020 nanti.

Itulah beberapa hal yang diprediksi akan menjadi tren smartphone di tahun 2020 nanti. Bagaimana menurut anda? Manakah teknologi yang menurut anda akan menjadi tren smartphone paling populer di tahun 2020 nanti?

Tags: #Tren Smartphone 2020