Sistem UI Android Bermasalah, Coba Atasi Dengan Cara Ini

369 views

Android memang adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan di smartphone jaman sekarang. Salah satu alasan kenapa OS Android itu paling banyak penggunanya karena ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan di OS Android.

Namun meskipun tampaknya OS Android adalah OS yang banyak digunakan, bukan berarti sistem operasi Android itu adalah sistem operasi yang sempurna. OS Android juga sering mengalami masalah.

Salah satu masalah yang cukup sering dialami oleh pengguna smartphone dengan OS Android adalah sistem UI Android tidak berfungsi. Sekilas memang masalah tidak berfungsinya sistem UI Android ini tampak tidak berbahaya.

Namun jika tidak secepatnya diatasi, sistem UI Android yang tidak berfungsi tersebut dapat menurunkan kenyamanan selama menggunakan smartphone. Kerusakan pada sistem UI Android bahkan bisa menyebabkan smartphone lama kelamaan benar-benar tidak bisa digunakan lagi.

Apakah anda juga sedang mengalami masalah pada sistem UI Android di smarpthone? Bingung bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Pelajari cara paling efektif untuk mengatasi masalah tersebut di artikel ini.

Penyebab Sistem UI Android Tidak Berfungsi

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi, ada baiknya anda pahami terlebih dahulu mengenai berbagai macam penyebabnya.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kerusakan pada sistem UI Android di smartphone anda:

· Kesalahan pada saat melakukan root

Faktor pertama yang paling sering menjadi penyebab kerusakan pada sistem UI Android di smartphone adalah karena kesalahan proses root.

Cukup banyak pengguna smartphone Android yang ingin melakukan root. Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara melakukan root yang benar.

Sebenarnya, mengetahui cara melakukan root yang benar juga belum menjamin bahwa anda tidak akan mengalami masalah seperti sistem UI Android yang tidak berfungsi.

Pasalnya, Google sendiri memang tidak menyarankan pengguna untuk melakukan root. Salah satu alasannya adalah karena smartphone yang sudah di-root akan lebih mudah terserang berbagai virus dan juga malware.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin jangan pernah melakukan root di smartphone anda. Jika smartphone anda tidak terserang virus dan malware, ada kemungkinan anda akan mengalami masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi lagi setelah di-root.

· Crash antara sistem Android dan aplikasi yang terpasang di smartphone

Selain bisa disebabkan karena proses root, sistem UI Android yang tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena masalah crash antara sistem Android dengan aplikasi yang terpasang di smartphone.

Ya, mungkin anda selama ini hanya mengunduh aplikasi-aplikasi yang ada di Google Playstore saja. Namun bukan berarti semua aplikasi yang ada di Google Playstore itu tidak dapat menyebabkan crash pada sistem Android di smartphone anda.

· Memori internal terlalu penuh

Masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi juga bisa disebabkan karena memori internal smartphone anda sudah terlalu penuh.

Perlu anda ketahui, semua sistem operasi membutuhkan ruang kosong di memori internal. Hal tersebut dibutuhkan untuk menyimpan sementara waktu data-data sistem operasi.

Jika memori internal smartphone anda terlalu penuh, jelas anda lebih berisiko mengalami masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi di smartphone anda.

· Terlalu banyak cache yang tersimpan di dalam memori internal

Masih banyak orang yang menganggap remeh file cache. Karena dianggap remeh, banyak orang yang sama sekali tidak pernah menghapus file cache yang ada di dalam smartphone.

Padahal, file cache yang dibiarkan menumpuk di dalam memori internal juga sangat berpotensi menyebabkan berbagai macam masalah pada sistem operasi Android. Salah satu masalah yang bisa disebabkan karena terlalu banyak file cache yang menumpuk di dalam memori internal adalah masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi.

3 Cara Mudah Mengatasi Sistem UI Android yang Tidak Bisa Berfungsi

Bagi anda yang saat ini mengalami masalah sistem UI Android di smartphone tidak bisa berfungsi seperti biasanya, jangan panik terlebih dahulu. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Hapus semua cache yang ada di dalam memori internal

Jika smartphone anda memberikan informasi bahwa sistem UI Android tidak berfungsi, segera hapus semua cache yang tersimpan di dalam memori internal smartphone anda.

Menghapus cache memiliki 2 fungsi dalam mengatasi masalah tersebut, Fungsi pertamanya adalah menghapus data-data tidak penting yang kemungkinan besar menyebabkan crash pada sistem operasi Android.

Fungsi kedua dari menghapus cache yang menumpuk di dalam memori internal jelas adalah untuk mengurangi penggunaan kapasitas memori internal smartphone anda.

2. Hapus satu per satu aplikasi yang terpasang di smartphone

Jika menghapus cache tidak dapat mengatasi masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi, anda bisa mulai menghapus satu per satu aplikasi yang terpasang di dalam smartphone, terutama aplikasi yang paling akhir anda pasang di smartphone.

Ada cukup banyak aplikasi yang terkadang menyebabkan sistem operasi Android mengalami crash.

Selain aplikasi yang baru anda pasang, anda juga perlu mencoba menghapus aplikasi yang baru saja mendapatkan pembaruan. Ada kemungkinan file pembaruan aplikasi tersebut yang menyebabkan sistem operasi Android di smartphone anda mengalami crash.

3. Lakukan factory reset

Jika memang setelah menghapus cache dan juga aplikasi yang terpasang di smartphone belum bisa mengatasi masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi, cara terakhir untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan factory reset.

Factory reset adalah solusi terakhir yang pasti bisa mengatasi masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi. Kenapa? Karena setelah melakukan factory reset, pengaturan smartphone anda akan kembali seperti awal lagi.

Bagaimana? Cukup mudah bukan sebenarnya mengatasi masalah sistem UI Android yang tidak bisa berfungsi? Dari 3 cara mengatasi kerusakan pada sistem UI Android yang sudah dibahas di artikel ini, manakah yang berhasil mengatasi masalah yang anda alami?

Tags: #Sistem UI Android