Sony Xperia 1, Smartphone Android Dengan Segudang Fitur Kamera

32 views

Sony Xperia 1 yang sudah resmi mulai dipasarkan sejak bulan Juni adalah salah satu smartphone Android yang layak mendapatkan sorotan. Ada banyak hal yang membuat Sony Xperia 1 ini menonjol diantara kompetitor yang terus menerus menggelontorkan produk-produk baru di pasaran smartphone.

Selain pada layarnya yang memiliki resolusi 4K, Sony Xperia 1 ini juga sangat menonjol pada kameranya. Ada banyak fitur kamera spesial yang disematkan di dalam Sony Xperia 1 ini dan kemungkinan besar tidak bisa anda nikmati di smartphone lain.

Mau tau apa saja yang menarik dari Sony Xperia 1? Anda bisa simak penjelasan lebih lengkap mengenai spesifikasi dari Sony Xperia 1 di dalam artikel ini.

Layar 6.5 Inch dengan Resolusi 4K Pertama

Hal pertama yang membuat Sony Xperia 1 layak untuk dipertimbangkan adalah karena layar 6.5 inch OLED yang dibawanya. Layar yang memiliki aspek rasio 21:9 tersebut adalah layar smartphone pertama yang memiliki resolusi 4K atau 1644 piksel X 3840 piksel.

Bukan hanya punya resolusi 4K saja, layar Sony Xperia 1 ini juga dibekali dengan berbagai fitur unggulan seperti:

  • DCI P3 100%
  • HDR BT 2020
  • Triluminos Display
  • X-Reality Engine

Selain itu, untuk melindungi layar sebesar 6.5 inch pada Sony Xperia 1 ini juga sudah dilengkapi dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass 6.

Chipset, GPU, CPU, OS, dan UI Sony Xperia 1

Pada bagian dapur pacu, Sony Xperia 1 ini juga diisi dengan hardware yang tidak main-main kualitas dan juga performanya.

Contohnya saja, chipset yang dibawa Sony Xperia 1 ini adalah chipset dari Qualcomm Snapdragon 855 yang sudah difabrikasi dengan teknologi 7 nm. Selain lebih kecil sehingga lebih hemat tempat, chipset Qualcomm Snapdragon 855 ini punya konsumsi daya yang lebih hemat dari versi sebelumnya.

Tak hanya itu saja, di dalam chipset Qualcomm Snapdragon 855 ini juga tersemat CPU 8 inti Kryo 485 dengan konfigurasi 1 inti berkecepatan 2.84 Ghz, 3 inti berkecepatan 2.42 Ghz, dan 4 inti berkecepatan 1.78 Ghz.

Untuk memastikan Sony Xperia 1 bisa digunakan dengan lancar untuk apapun dari segi grafis, maka Sony Xperia 1 ini juga dibekali dengan GPU Adreno 640. Dengan tandem chipset Qualcomm Snapdragon 855 dan GPU Adreno 640 tersebut, Sony Xperia 1 dipastikan bisa dengan mudah melibas game-game mobile kelas AAA.

Pada bagian sistem operasinya, Sony Xperia 1 ini akan dibekali langsung dengan sistem operasi Android 9 atau Pie. Untuk sistem UI, akan menggunakan sistem UI bawaan dari sistem Android.

Memori Internal dan RAM Sony Xperia 1

Untuk urusan penyimpanan data, Sony Xperia 1 ini tersedia dalam beberapa pilihan yaitu memori internal 64 GB dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dengan RAM 6 GB.

Yang lebih menarik, jika kapasitas memori internalnya masih dirasa kurang, Sony Xperia 1 ini dibekali dengan slot microSD yang support hingga kapasitas 1 terabyte.

Kamera Utama dan Kamera Sekunder Sony Xperia 1

Sony Xperia 1 memang tidak hanya menarik dari segi layar yang dimiliki dan juga hardwarenya saja. Sony Xperia 1 ini paling menarik dari segi kameranya.

Sony Xperia 1 ini sudah dibekali dengan 3 buah kamera utama. Namun anehnya, 3 buah kamera utama di dalam Sony Xperia 1 ini tidak memiliki piksel yang besar.

3 buah kamera utama Sony Xperia 1 ini hanya terdiri dari 12 MP wide, 12 MP telephoto, dan juga 12 MP ultrawide. Namun meskipun tidak dibekali dengan piksel yang besar, Sony Xperia 1 ini dibekali dengan fitur kamera yang sangat melimpah.

Berikut ini adalah beberapa fitur kamera yang dibawa di dalam Sony Xperia 1:

  • Dual pixel eye AF
  • HDR video capturing
  • Motion Eye
  • Predictive capture
  • Autofocus burst up to 10 fps
  • Eye autofocus
  • Predictive hybrid autofocus
  • Anti distortion shutter
  • Optical steadyshot with intelligent active mode
  • RAW noise reduction

Selain itu, kamera utama Sony Xperia 1 ini juga sudah support mode slow motion hingga 960 fps untuk merekam video.

Sedangkan pada bagian depan, Sony Xperia 1 ini dibekali dengan 1 buah kamera selfie berukuran 8 MP. Meskipun termasuk kamera selfie yang pikselnya kecil, bukan berarti kualitas foto dan video yang dibuat lebih rendah dari smartphone lain.

Kualitas kamera bagian depan Sony Xperia 1 ini tetap memukau karena didukung dengan segudang fitur kamera yang sama seperti kamera utamanya.

Kapasitas Baterai Sony Xperia 1

Pada bagian baterai, memang Sony Xperia 1 ini dirasa kurang maksimal. Pasalnya, Sony Xperia 1 ini hanya menggendong baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 3330 mAh saja.

Namun untungnya, Sony membekali smartphone ini dengan beberapa fitur khusus untuk mendukung penggunaan baterai yang kapasitasnya terbilang kecil ini.

Berikut ini adalah beberapa fitur baterai yang ada di dalam Sony Xperia 1:

  • USB power delivery fast charging dengan USB 3.1 tipe C
  • Smart STAMINA
  • Battery Care
  • Xperia Adaptive Charging

Dengan membawa semua fitur tersebut, Sony Xperia 1 ini dijual dengan kisaran harga mulai 7 jutaan Rupiah. Pilihan warna Sony Xperia 1 pun beragam mulai dari warna hitam, abu-abu, putih, dan ungu.

Tags: #Fitur Sony Xperia 1 #Harga Sony Xperia 1 #Spesifikasi Sony Xperia 1

Comments are closed.