Sony Xperia 5, Kembalinya Smartphone Compact dari Sony

21 views

Pada acara IFA 2019 yang diselenggarakan September tahun 2019 ini, Sony secara resmi memperkenalkan Sony Xperia 5. Pabrikan asal negeri matahari terbit ini tampak begitu jelas ingin mengembalikan desain smartphone compact pada seri Xperia 5. Hal tersebut bisa dilihat dari ukuran layarnya yang cukup kecil jika dibandingkan dengan ukuran layar smartphone seri terbaru di zaman sekarang.

Namun meskipun ukuran layarnya tampak lebih kecil dari kebanyakan smartphone keluaran tahun 2019 ini, Sony Xperia 5 tetap siap bertarung dengan segala fitur unggulan yang disematkan di dalamnya.

Penasaran dengan apa saja fitur-fitur unggulan di dalam Sony Xperia 5? Untuk tau lebih banyak spesifikasi dari Sony Xperia 5 tersebut, anda bisa baca di dalam artikel ini.

Desain Bodi Elegan

Seperti biasanya, Sony Xperia 5 hadir dengan desain bodi yang sangat minimalis. Namun meskipun tampil minimalis, justru tampilan Xperia terbaru ini tampak begitu elegan.

Pada bagian depan dan juga belakang, Sony Xperia 5 terlihat menggunakan material kaca dari Gorilla Glass 6 yang menyuguhkan kesan mewah.

Sedangkan pada bagian rangka utamanya, Sony Xperia 5 ini dibekali dengan rangka berbahan aluminium yang membuat tampilannya semakin WOW.

Yang lebih menariknya lagi, desain bodi Sony Xperia 5 ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam proteksi anti air dan juga anti debu. Oleh sebab itu, Sony Xperia 5 ini mendapatkan sertifikasi IP65/IP68 dimana merupakan sertifikasi smartphone anti debu dan juga anti air dengan kedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Display OLED 6.1 Inch

Pada bagian display, Sony memang tampak ingin mengembalikan kejayaan seri Compact yang nyaman untuk digenggam tangan.

Oleh sebab itu, Sony Xperia 5 ini dibekali dengan layar OLED dengan ukuran kecil yaitu 6.1 inch saja. Layar sebesar 6.1 inch tersebut memiliki aspek rasio sebesar 21:9 dan sudah mendukung resolusi full HD+ (1080 X 2520 piksel).

Tak hanya itu saja, display OLED pada Sony Xperia 5 ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti:

  • Proteksi Gorilla Glas 6
  • DCI P3 100%
  • HDR BT 2020
  • Triluminous Display
  • X-Reality Engine

Sayangnya, display Sony Xperia 5 ini masih belum dilengkapi dengan fitur in display fingerprint yang sudah mulai banyak digunakan di smartphone Android keluaran tahun 2019 ini.

Chipset dan GPU Kelas Atas

Keeleganan tampilan Sony Xperia 5 sejajar dengan jeroan yang disembunyikan di dalamnya. Sony membekali seri Xperia 5 ini dengan hardware kelas atas.

Untuk bagian chipset, Sony memilih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855 yang sudah diproduksi dengan teknologi 7 nm. CPU di dalam Sony Xperia 5 ini sudah memiliki 8 inti dengan pengaturan 1 inti dengan kecepatan 2.84 Ghz, 3 inti dengan kecepatan 2.42 Ghz, dan 4 inti dengan kecepatan 1.78 Ghz.

Untuk mendukung performa Sony Xperia 5 di bagian grafis, Sony membekali smartphone ini dengan GPU Adreno seri 640 yang juga biasa digunakan pada smartphone seri flagship.

Dan pada bagian sistemnya, Sony Xperia 5 ini akan langsung dibekali dengan sistem operasi Android seri 9.

Memori Internal dan RAM

Sony Xperia 5 ini rencananya tidak akan memiliki banyak pilihan dalam hal kapasitas memori internal maupun RAM.

Sony hanya akan menyediakan Sony Xperia 5 ini dengan kapasitas memori internal 128 GB serta RAM 6 GB.

Meskipun tidak memberikan memori internal yang kapasitasnya besar, Sony menggantikannya dengan slot memori eksternal di Xperia 5 ini. Pengguna bisa menambahkan microSD hingga kapasitas 1 terabyte sebagai memori eksternal di Sony Xperia 5.

Kamera Utama dan Sekunder

Sony Xperia 5 ini juga akan dibekali dengan 4 buah kamera. 3 buah kamera di cover bagian belakang dan 1 kamera di bagian depan.

Untuk kamera yang berada di bagian belakang terdiri dari sensor wide 12 MP, sensor telephoto 12 MP, dan juga sensor ultrawide 12 MP.

Meskipun secara besaran sensornya kamera utama Sony Xperia 5 ini kalah dari smartphone lain, namun secara kualitas gambar maupun video yang dihasilkan siap diadu dengan hasil dari kamera smartphone lain.

Pada bagian kamera depan atau sekunder, Sony hanya menyematkan sensor wide 8 MP. Namun demikian, sensor kamera di bagian depan sudah dilengkapi fitur 5 axis gyro EIS.

Baterai

Sony Xperia 5 ini memang tidak akan membawa baterai berkapasitas besar. Sony hanya akan membenamkan baterai Li-Po non removable dengan kapasitas 3.140 mAh saja.

Namun demikian, Sony membekali Sony Xperia 5 ini dengan fitur fast charging 18W serta USB Power Delivery 2.0.

Jadi meskipun kapasitas baterainya tidak begitu besar, baterai Sony Xperia 5 bisa diisi ulang dengan waktu yang lebih cepat.

Menurut informasinya, Sony Xperia 5 ini kemungkinan besar akan mulai dipasarkan secara global pada bulan Oktober tahun 2019. Adapun Sony Xperia 5 ini akan tersedia dalam 4 macam pilihan warna yaitu biru, merah, hitam, dan juga abu-abu.

Tags: #Fitur Sony Xperia 5 #Spek Sony Xperia 5

Comments are closed.