Stardew Valley, Game Mirip Harvest Moon dengan banyak Fitur Baru

123 views

Stardew Valley merupakan salah satu permainan yang bisa dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon. Game yang diterbitkan oleh Chucklefish ini menariknya bisa dimainkan di beberapa platform seperti PC dengan OS Windows dan Linux, Playstation 4, dan juga Xbox One.

Lalu apakah Stardew Valley ini juga memiliki hal-hal yang menarik seperti pada game Harvest Moon? Apakah ada hal-hal baru di dalam Stardew Valley yang membuatnya lebih baik dari Harvest Moon? Bagi anda yang ingin tau lebih banyak mengenai game Stardew Valley ini, anda bisa baca reviewnya langsung.

Game Mirip Harvest Moon Dengan Grafis Ala Minecraft

Meskipun dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon, Stardew Valley tidak memiliki grafis sebaik Harvest Moon. Ya, kebanyakan orang merasa illfeel ketika melihat tampilan grafis dari Stardew Valley pertama kali.

Grafiknya bisa dikatakan ala Minecraft dan bahkan bisa dikatakan sedikit lebih buruk dari Minecraft. Namun jangan meremehkan terlebih dahulu grafis Stardew Valley ini.

Meskipun Stardew Valley tidak memiliki grafis kelas AAA seperti game-game populer jaman sekarang, bukan berarti Stardew Valley ini tidak seru untuk dimainkan karena kelebihannya memang bukan dari segi grafisnya.

Alur Cerita yang Memang Mirip Game Harvest Moon

Stardew Valley ini bukan hanya sekedar game simulasi bertani dan berternak saja. Ada alur cerita yang bisa anda ikuti dari awal permainan.

Singkatnya, karakter utama yang akan anda mainkan di game Stardew Valley ini mendapatkan warisan dari kakek tercinta berupa tanah pertanian di sebuah desa yang bernama Pelican.

Karakter utama di dalam game ini ditugaskan untuk mengurus kembali lahan tersebut hingga bisa melebihi prestasi dari kakeknya.

Jika dilihat dari alur ceritanya, memang game Stardew Valley ini memiliki alur yang yang hampir mirip dengan alur game Harvest Moon. Jadi tidak heran jika game ini disebut sebagai game mirip Harvest Moon.

Bejibun Fitur yang Membuat Stardew Valley Jauh Lebih dari Sekedar Game Mirip Harvest Moon

Meskipun dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon, bukan berarti Stardew Valley ini hanya menjadi pengekor saja. Memang dari segi alur cerita, game ini menggunakan alur yang sangat mirip dengan alur di game Harvest Moon.

Namun bukan berarti semua aspek di dalam Stardew Valley ini sama seperti yang bisa anda temukan di game Harvest Moon.

Jika dilihat dari fiturnya, jelas Stardew Valley sudah tidak bisa dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon. Pasalnya, fitur yang ada di dalam Stardew Valley ini hampir tidak bisa dihitung karena terlalu banyak.

Ya, memang fiturnya luar biasa banyak dan dijamin akan membuat anda lupa waktu ketika memainkan game ini.

Berikut ini adalah beberapa fitur spesial di Stardew Valley yang membuatnya tidak bisa lagi disebut sebagai game mirip Harvest Moon:

· Fitur story choice

Meskipun jalan cerita game Stardew Valley ini sekilas sangat mirip dengan game Harvest Moon, namun sebenarnya ada fitur story choice di Stardew Valley yang membuat alur ceritanya bisa disesuaikan dengan pilihan pemain.

Fitur story choice ini terlihat dari pilihan antara berpihak kepada supermarket modern dan komunitas desa Pelican di awal permainan.

Jika anda berpihak pada supermarket modern yang bernama Jojo Mart, maka nantinya bangunan Community Center di desa Pelican akan hilang. Namun jika anda berpihak pada desa Pelican, maka nantinya Jojo Mart akan angkat kaki dari desa tersebut.

Cukup banyak pemain yang lebih memilih alur cerita yang berpihak pada Jojo Mart. Hal tersebut karena memang lebih mudah dijalankan.

Namun jika anda ingin menyibak semua misteri yang ada di desa Pelican, anda bisa mencoba bermain dengan memilih alur berpihak pada desa Pelican.

· Fitur leveling

Ketika membahas mengenai fitur leveling di Stardew Valley, sebenarnya game satu ini sudah tidak bisa lagi dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon. Kenapa? Karena Harvest Moon tidak memiliki fitur leveling.

Yang dimaksud dengan fitur leveling di Stardew Valley ini bukanlah level karakter. Sistem leveling di Stardew Valley ini lebih cenderung pada level skill.

Ada 5 macam skill yang bisa anda tingkatkan levelnya di Stardew Valley ini. 5 macam skill tersebut adalah farming, fishing, combat, foraging, dan juga mining.

Masing-masing skill tersebut akan memberikan resep crafting yang berbeda setiap anda naik level. Untuk bisa menaikkan level masing-masing skill tersebut, anda hanya perlu melakukan hal-hal yang berhubungan dengan skill tersebut secara berulang-ulang.

· Fitur crafting

Stardew Valley itu memang layak dikatakan sebagai game simulasi pertanian yang jauh lebih baik dari Harvest Moon. Salah satu alasannya adalah karena Stardew Valley memiliki fitur crafting.

Ya, anda bisa membuat berbagai macam alat di Stardew Valley. Sama halnya seperti game-game role playing game, anda harus mengumpulkan terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat satu barang.

Selain itu, anda juga harus naik level terlebih dahulu untuk mendapatkan resep crafting di game Stardew Valley ini.

· Pilihan tanaman dan hewan yang jauh lebih banyak

Meskipun memang Stardew Valley itu masih disebut sebagai game mirip Harvest Moon karena menggunakan tema yang sama, namun sebenarnya Stardew Valley ini sudah memiliki banyak hal yang lebih baik dari game Harvest Moon.

Salah satu contoh hal-hal baru yang bisa anda temukan di Stardew Valley ini adalah pilihan tanaman dan hewan yang jauh lebih banyak dari Harvest Moon.

Dari segi tanaman, anda tidak hanya bisa menanam bibit biasa saja. Anda bisa menanam bibit khusus dan bahkan pohon yang berbuah pada musim-musim tertentu.

Dari segi pilihan hewannya, Stardew Valley memiliki 7 macam pilihan hewan yang bisa anda pelihara. 7 macam hewan yang bisa anda pelihara di Stardew Valley ini adalah seperti sapi, kambing, domba, babi, ayam, bebek, dan juga kelinci.

Masing-masing hewan memberikan item yang berbeda-beda. Hewan sapi dan kambing memberikan susu, hewan domba memberikan wool, hewan babi memberikan truffle, hewan ayam memberikan telur, hewan bebek memberikan telur dan bulu, hewan kelinci memberikan wool dan juga kaki kelinci.

Menariknya lagi, setiap item yang dihasilkan oleh hewan yang anda pelihara tersebut bisa diolah kembali menjadi satu produk yang jauh lebih mahal harganya dengan menggunakan alat-alat khusus.

· Fitur otomatisasi dalam mengurus peternakan ataupun pertanian

Di game Harvest Moon, anda pasti merasa harus bekerja lebih lama ketika anda ingin memperluas lahan pertanian anda bukan? Anda juga harus menggunakan waktu yang lebih banyak untuk mengurus hewan jika anda memutuskan untuk mengisi penuh barn anda bukan?

Hal tersebut tidak akan anda rasakan lagi di Stardew Valley. Meskipun memang dari mekanisme Stardew Valley ini masih dikatakan sebagai game mirip Harvest Moon, namun ada fitur otomatisasi di dalamnya.

Dengan adanya fitur otomatisasi ini, anda bisa memiliki lebih banyak waktu luang setelah cukup lama bermain game ini.

Anda sudah tidak perlu lagi repot-repot menyiram tanaman setiap hari karena Stardew Valley memiliki item spesial yang disebut dengan sprinkle. Sprinkle ini secara otomatis akan menyiram tanaman yang berada di area tertentu.

Selain sprinkle, anda juga sudah tidak perlu memberikan makan ternak anda setiap hari setelah melakukan upgrade pada coop dan barn hingga level terakhir. Kenapa? Karena coop dan barn tersebut sudah dilengkapi dengan fitur automatic feeder.

Rasanya tidak akan pernah habis jika membahas mengenai fitur-fitur menarik yang membuat Stardew Valley ini tidak sepenuhnya sebagai game mirip Harvest Moon.

Anda juga bahkan masih memiliki kebebasan untuk menambahkan fitur-fitur di dalam Stardew Valley dengan menggunakan mod. Ya, anda bisa mengunduh langsung mod-mod untuk Stardew Valley secara gratis di Nexusmod.

Kesimpulan

Stardew Valley memang belum bisa lepas dari sebutan sebagai game mirip Harvest Moon. Namun sebenarnya, game satu ini sudah memiliki banyak fitur yang membuatnya lebih baik dari Harvest Moon.

Meskipun memiliki grafis yang dirasa kurang untuk game jaman sekarang, namun Stardew Valley berhasil membuat pemain terlena hingga lupa waktu.

Jika anda ingin menghabiskan waktu luang dengan bermain game mirip Harvest Moon ini, anda bisa membelinya secara langsung dari Steam (bagi pengguna PC).

Tags: #Game Mirip Harvest Moon #Game Terbaik #Stardew Valley