State of Decay 2, Game Survival Zombie yang Makin Mantap dari Seri Sebelumnya

170 views

5 tahun penantian akhirnya terbayar sudah. Undead Labs akhirnya resmi akan meluncurkan seri kedua dari game State of Decay.

State of Decay adalah salah satu game survival zombie yang popularitasnya cukup tinggi. Seri pertamanya diluncurkan pada tahun 2013. Sayangnya, State of Decay pertama masih kurang dari segi grafis.

Namun meskipun tidak memiliki kualitas grafis yang setara dengan game survival zombie seumuran, State of Decay tetap mendapatkan perhatian dari banyak gamer.

Salah satu alasan kenapa banyak gamer yang memberikan banyak perhatian pada game State of Decay ini karena memang fitur-fiturnya yang bisa dikatakan orisinil.

Lalu bagaimana dengan sekuel dari game survival zombie dari Undead Labs tersebut? Apakah State of Decay 2 memiliki banyak peningkatan dari seri pertamanya? Simak review selengkapnya di artikel ini.

Sekuel Game Survival Zombie yang Dinantikan Banyak Gamer

5 tahun memang bukanlah waktu yang singkat untuk menantikan seri kedua dari State of Decay. State of Decay 2 memang baru akan diluncurkan pada tanggal 22 Mei 2018 nanti. Masih ada waktu sekitar 1 bulan lagi sebelum anda bisa menikmati secara lansung penerus dari game survival zombie dari Undead Labs.

Namun meskipun belum resmi diluncurkan, gameplay dari State of Decay 2 ini sudah mulai ditampilkan. IGN adalah yang beruntung mencicipi segala fitur baru yang ada di State of Decay 2 sebelum rilis secara resmi.

Dengan melihat video gameplay State of Decay 2 yang dibuat oleh IGN, sudah dapat disimpulkan bahwa memang ada banyak fans State of Decay yang pasti menantikan sekuel dari game tersebut.

Perubahan Besar dari State of Decay 2 Sebagai Genre Game Survival Zombie

Waktu yang digunakan oleh Undead Labs selama 5 tahun memang tidak terbuang sia-sia. Buktinya, mereka berhasil membuat State of Decay 2 yang lebih baik dari sebelumnya.

State of Decay 2 Field

State of Decay 2 bisa dikatakan memiliki banyak sekali perubahan besar sebagai genre game survival zombie.

Lalu apa saja perubahan besar yang bisa anda nikmati ketika bermain State of Decay 2 nanti? Berikut ini adalah beberapa perubahannya:

· Penggunaan Unreal Engine 4

Salah satu sebab mengapa State of Decay pertama itu tidak memiliki tampilan grafis yang wow seperti game survival zombie lain di masanya adalah karena Undead Labs lebih memilih menggunakan CryEngine. CryEngine memang tidak memiliki kelebihan dalam hal grafis.

Namun akhirnya, Undead Labs memutuskan untuk menggunakan Unreal Engine 4 untuk membuat State of Decay 2. Karena sudah menggunakan engine game yang lebih modern, jelas tampilan grafis State of Decay 2 akan berubah drastis.

Jika dilihat dari video gameplay dari IGN, bisa dilihat bagaimana kualitas grafis dari State of Decay ketika dimainkan dengan pengaturan maksimal.

· Area yang lebih luas untuk dijelajahi

Anda sudah merasa bahwa area di State of Decay pertama sangat luas? Well, kemungkinan besar anda harus mengucapkan wow ketika sudah bisa memainkan State of Decay 2 nanti.

Kenapa? Karena area yang bisa anda jelajahi di game survival zombie sekuel kedua tersebut jauh lebih luas dari seri sebelumnya. Melihat areanya yang cukup luas dan banyaknya fitur-fitur baru yang dipastikan akan “merepotkan” anda dalam menjelajahi area tersebut, dapat dipastikan State of Decay 2 ini akan melumat waktu yang lebih banyak untuk menyelesaikan semua misinya.

· Fitur co-op multiplayer

Salah satu kelemahan utama dari State of Decay pertama bukan hanya dari segi grafisnya saja. State of Decay pertama juga kurang dari segi fitur multiplayernya.

Hal tersebut berhasil dilengkapi oleh Undead Labs di seri keduanya. Sekarang, anda bisa menikmati fitur co-op multiplayer dengan maksimal 3 orang teman anda.

Jadi anda nanti bisa bermain bersama dengan 3 orang sahabat anda untuk menghajar habis-habisan zombie yang berkeliaran di jalan.

Namun karena adanya fitur co-op multiplayer ini, jelas Undead Labs juga menaikkan tingkat kesulitan gamenya. Jadi jangan harap anda bisa tampak imba ketika main keroyokan dengan 3 teman anda.

· Karakter yang jauh lebih detail

State of Decay adalah game survival zombie dengan konsep komunitas. Jadi di dalam game ini anda hanya bisa survive jika bisa membangun komunitas yang solid.

Setiap karakter yang masuk kedalam komunitas memang akan memberikan dampak yang berbeda-beda. Namun sayangnya, hal tersebut kurang begitu bisa dirasakan di seri pertamanya.

Tidak ada interaksi yang cukup mendalam pada karakter-karakter yang ada di dalam komunitas pemain. Yang pemain bisa lakukan hanyalah menggunakan karakter-karakter saja.

Namun hal tersebut benar-benar berubah di State of Decay 2. Karakter benar-benar diperhatikan oleh Undead Labs. Setiap karakter memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Selain itu, kekurangan dan kelebihan tersebut tidak hanya dari segi fisik saja, namun juga dari segi psikis.

Menariknya, jika ada satu karakter yang menderita penyakit asma, maka karakter tersebut tidak akan memiliki stamina yang sama dengan karakter lain.

Karena fitur karakter ini digarap secara serius oleh Undead Labs, anda juga harus lebih berhati-hati ketika menggunakan beberapa karakter. Tidak semua karakter bisa digunakan secara mudah seperti di game survival zombie State of Decay seri pertama.

· Environtment yang lebih detail

Bukan hanya karakter saja yang digarap secara serius oleh Undead Labs di State of Decay 2. Game survival zombie ini juga memiliki environment yang jauh lebih detail dari seri sebelumnya.

Salah satu contoh peningkatan environment di State of Decay 2 ini adalah pada kendaraan. Tampilan kendaraan tidak hanya bisa terlihat rusak, namun andapun juga bisa kehabisan bahan bakar.

Jadi dijamin anda akan jauh lebih menyayangi kendaraan di State of Decay 2 ini karena adanya fitur bahan bakar tersebut.

Selain dari kendaraan, peningkatan environment pada State of Decay 2 ini juga bisa anda lihat secara langsung pada basecamp. Di game survival zombie seri kedua dari Undead Labs ini, anda memiliki lebih banyak pilihan modifikasi basecamp.

Anda tidak hanya bisa membuat ruangan dengan fungsi khusus saja seperti pada State of Decay pertama. Di State of Decay kedua ini, anda bahkan bisa menambahkan beberapa item khusus untuk meningkatkan fungsi dari ruangan tertentu.

Salah satu contoh peningkatan pada modifikasi ruangan di basecamp adalah seperti anda bisa menambahkan Xbox di ruang hiburan yang fungsinya agar komunitas anda tidak mengalami masalah psikis.

· Adanya blood plaque

Infestation! Ya, hal tersebut adalah hal yang paling menyebalkan dari State of Decay pertama. Anda mau tidak mau harus segera mengatasi masalah infestation tersebut jika tidak ingin semakin banyak zombie berkeliaran di daerah tertentu.

Sayangnya, setelah cukup lama bermain State of Decay pertama, Infestation tersebut sudah bukan lagi menjadi masalah yang berat. Justru Infestation ini terasa menyebalkan.

Hal tersebut tidak akan pernah anda rasakan lagi di State of Decay 2. Kenapa? Karena State of Decay 2 memiliki masalah baru yang disebut dengan Blood Plaque.

Blood Plaque adalah infeksi yang bisa dialami oleh setiap karakter yang ada di dalam komunitas anda. Jika ada satu karakter yang mengalami infeksi tersebut, mau tidak mau anda harus segera membuat penawarnya.

Jika anda tidak segera menemukan penawarnya, anda harus rela kehilangan satu karakter di dalam komunitas anda. Kabar buruknya lagi, ada kemungkinan infeksi tersebut menular dan membuat penawarnya tidak semudah yang anda bayangkan.

Dari sekilas cuplikan gameplay yang dibuat oleh IGN, memang sudah bisa disaksikan ada banyak sekali fitur baru di game survival zombie seri kedua buatan Undead Labs ini.

Namun tampaknya, masih ada lebih banyak fitur yang belum ditampilkan guna memberikan kejutan bagi fans State of Decay.

Kesimpulan

State of Decay memang adalah judul game survival zombie yang memiliki potensi sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2013.

Hal tersebut akhirnya diwujudkan oleh Undead Labs pada State of Decay 2 yang akan dirilis pada tanggal 22 Mei 2018 nanti. Jika anda yang sudah ingin memiliki game survival zombie ini, anda bisa mulai melakukan pre-order gamenya melalui website State of Decay resmi.

Tags: #Game Survival Zombie