TCL Plex, Smartphone Perdana dari Produsen TV

18 views

TCL Corporation yang selama ini terkenal sebagai produsen TV akhirnya memberanikan diri untuk memproduksi smartphone dengan menggunakan mereknya sendiri. TCL Plex adalah smartphone dengan sistem operasi Android yang baru saja diperkenalkan oleh perusahaan yang bermarkas di Guangdong, China ini pada event IFA 2019.

Meskipun tampaknya baru saja masuk kedalam pasar smartphone, sebenarnya TCL ini sudah cukup lama berkecimpung di dalam pasar tersebut. Hanya saja, TCL tidak menggunakan brandnya sendiri. Alcatel dan Blackberry kabarnya adalah 2 brand smartphone yang memiliki hubungan cukup dekat dengan TCL.

Lalu bagaimanakah tampilan serta spesifikasi dari TCL Plex? Apakah smartphone Android dari produsen TV tersebut punya peluang untuk bersaing dengan kompetitor lainnya? Anda bisa simak lebih lanjut informasi spesifikasi dari TCL Plex selengkapnya di dalam artikel ini.

Desain Mewah Dengan Layar Berlubang

Dari tampilannya, TCL Plex ini memang tidak bisa dianggap remeh. TCL berhasil membuat smartphone pertamanya ini tampil begitu mewah dengan mengusung desain layar berlubang yang disebut TCL dengan istilah “Dotch”, untuk mengakomodasi kamera di bagian depan.

Dengan menggunakan desain layar berlubang tersebut, maka secara otomatis TCL Plex ini tampak memiliki layar yang luas dan hampir tanpa bezel.

Pada cover belakang, TCL Plex ini terlihat jelas menggendong 3 buah kamera yang ditata secara horizontal di bagian atas cover. Di bagian kanan kirinya terlihat jelas terdapat 2 buah LED flash.

Secara garis besarnya, TCL Plex ini memang memiliki tampilan yang minimalis namun terasa begitu mewah.

Display Dengan Kontras Luar Biasa

TCL Plex ini dibekali dengan layar berukuran 6.53 inch berteknologi IPS LCD. Layar TCL Plex ini memang belum menggunakan AMOLED seperti kebanyakan smartphone Android di jaman sekarang.

Namun meskipun belum menggunakan AMOLED, layar TCL Plex ini memiliki kontras yang begitu luas biasa. Selain kontrasnya, layar TCL Plex ini juga sudah mendukung resolusi full HD+ (1080 X 2340 piksel).

Chipset, CPU, dan GPU TCL Plex

Meskipun terbilang baru, TCL Plex langsung dibekali dengan chipset yang mumpuni. TCL Plex ini akan membawa SoC dari Qualcomm Snapdragon seri 675 yang sudah memiliki 8 inti CPU dengan 2 inti berkecepatan 2.0 Ghz, dan 6 inti berkecepatan 1.7 Ghz.

SoC Qualcom Snapdragon 675 tersebut nantinya akan dikawinkan dengan GPU Adreno 612. Dengan kombinasi SoC Snapdragon 675 dan GPU Adreno 612, TCL Plex sudah dapat dipastikan bisa digunakan untuk gaming maupun mobile task lainnya.

Untuk memaksimalkan performa dari SoC dan juga GPU, TCL Plex juga langsung akan membawa sistem operasi Android Pie atau seri 9 dengan menggunakan TCL UI yang menurut banyak orang terasa hampir mirip seperti OxygenOS.

Memori Internal Khusus dan RAM Berkapasitas Besar

TCL Plex memang mungkin masih dianggap sebagai pemain baru. Namun jika dilihat secara lebih dekat, sebenarnya apa yang ada di dalam TCL Plex ini bukan main-main lagi.

Selain desain mewahnya, TCL Plex ini juga berhasil menyihir banyak orang dengan digunakannya memori internal dengan teknologi UFS 2.1 yang merupakan memori internal tercepat hingga saat ini.

Kapasitas memori internal yang akan dibawa TCL Plex ini juga kemungkinan tidak main-main. Kabarnya, TCL Plex ini akan dibekali dengan memori internal jenis UFS 2.1 dengan kapasitas 128 GB.

Memori internal dengan teknologi baca tulis paling cepat sampai saat ini di dalam TCL Plex tersebut akan ditemani dengan RAM berkapasitas besar yaitu 6 GB.

Kamera Berkualitas Nan Unik di TCL Plex

Berbicara mengenai kamera, TCL Plex ini punya kamera yang cukup unik dilihat dari tata letaknya. TCL memilih meletakkan 3 buah kamera utamanya di bagian belakang secara horizontal. Hal tersebut jelas terasa unik karena mayoritas smartphone jaman sekarang lebih memilih meletakkan kamera utamanya secara vertikal.

Selain tata letaknya yang unik, kualitas kamera utama TCL Plex ini juga tidak bisa diremehkan. Di bagian kamera utamanya, TCL Plex ini dibekali dengan lensa Sony IMX582 berukuran 48 MP. Selain itu, masih ada 2 kamera di bagian belakang dengan konfigurasi sensor 16 MP dan 2 MP.

Kabarnya, salah satu dari 3 buah kamera di bagian belakang TCL Plex tersebut dibuat khusus untuk mengabadikan foto ataupun video di malam hari.

3 buah kamera di bagian belakang TCL Plex tersebut juga sudah dilengkapi dengan Dual LED Flash di bagian kanan dan kiri kamera utama.

Untuk bagian depan, TCL Plex ini dibekali dengan kamera selfie berukuran 24 MP yang tersimpan rapi di dalam sebuah lubang di layar yang disebut dengan Dotch oleh TCL.

Baterai

TCL Plex ini memang berhasil menarik perhatian banyak orang di ajang IFA 2019. Baik tampilan maupun spesifikasi chipset, GPU, RAM, memori internal, dan kameranya luar biasa.

Namun sayangnya, TCL Plex ini tidak dibekali dengan baterai berkapasitas besar, seperti halnya smartphone Android di jaman sekarang. TCL Plex ini hanya akan menggendong baterai jenis Li-Po non removable bekapasitas 3.820 mAh saja.

Untungnya, TCL Plex ini dibekali dengan fitur fast charging 18W (quick charge 3.0). Dengan adanya fitur tersebut, setidaknya baterai TCL Plex ini bisa diisi dalam waktu yang lebih singkat.

Lalu berapa harga jual TCL Plex ini? Menurut kabar, TCL Plex ini kemungkinan akan dijual dengan kisaran harga 4 Jutaan Rupiah. Namun demikian, harga tersebut belum pasti. Pasalnya, TCL sendiri belum mengumumkan mengenai kapan smartphone perdananya ini akan mulai dijual di pasaran, terutama pasaran global.

Tags: #Fitur TCL Plex #Harga TCL Plex #Spesifikasi TCL Plex

Comments are closed.

No related post!