The Sims 4, Game Simulasi Kehidupan yang Bikin Kamu Lupa Waktu

283 views

The Sims 4, Game Simulasi Kehidupan yang Bakal Bikin Lupa Waktu - Ada banyak jenis game yang bisa membuat anda lupa waktu. Namun yang pasti membuat pemain lupa waktu adalah game simulasi kehidupan.

Ada banyak sekali alasan kenapa gamer hampir selalu lupa waktu ketika memainkan game simulasi kehidupan. Selain karena memang seru, game jenis simulasi kehidupan itu juga biasanya memiliki fitur yang sangat kompleks.

Berbicara mengenai game simulasi kehidupan, jelas salah satu judul yang terkenal adalah The Sims yang dibuat oleh Electronic Arts. The Sims sendiri sudah memiliki 4 seri. Seri terakhir game The Sims yaitu The Sims 4 memang sudah dirilis sejak tahun 2014.

Namun meskipun sudah berusia, 4 tahun, game simulasi kehidupan seri terbaru dari Electronic Arts tersebut masih sangat diminati hingga saat ini.

Apakah anda sudah pernah memainkan The Sims 4? Jika anda belum pernah memainkan dan sangat tertarik untuk mengetahui seperti apa game The Sims 4 tersebut, anda bisa membaca reviewnya di artikel ini.

Perubahan Drastis Pada Game Simulasi Kehidupan The Sims 4

Seperti yang sudah disebutkan, game simulasi kehidupan The Sims memang sudah cukup dikenal. Game tersebut bahkan sudah memiliki 4 seri.

Menariknya, seri terakhir dari game The Sims ini benar-benar membawa perubahan yang sangat besar. Bahkan cukup banyak fan The Sims yang menyatakan bahwa The Sims 4 mendapatkan perubahan yang sangat drastis dari berbagai macam aspek.

Lalu seperti apa saja perbedaan antara game simulasi kehidupan The Sims 4 dengan seri sebelumnya? Berikut ini adalah beberapa aspek yang mengalami perubahan di The Sims 4:

· Pembuatan karakter yang jauh lebih mudah

Salah satu kelebihan dari game simulasi kehidupan seperti The Sims adalah pemain bisa membuat karakter sesuai dengan keinginannya.

Jadi tidak heran jika banyak sekali gamer yang menghabiskan waktu sangat lama ketika membuat karakternya.

Berbicara mengenai pembuatan karakter, The Sims 4 sudah dibekali dengan sistem pembuatan karakter yang jauh lebih mudah dibandingkan seri sebelumnya. Anda tidak akan menemukan menu slide untuk mengubah tampilan karakter anda.

Untuk mengubah bentuk, ukuran, dan juga warna dalam pembuatan karakter, anda bisa melakukannya secara langsung dengan mengarahkan kursor ke karakter anda.

Namun meskipun user interfacenya dibuat lebih sederhana, bukan berarti fitur pembuatan karakter di game simulasi kehidupan The Sims 4 ini menjadi lebih sederhana dari seri sebelumnya.

Meskipun sistemnya dibuat lebih sederhana, namun ada banyak sekali aspek yang bisa anda atur sesuai dengan keinginan anda dalam pembuatan karakter The Sims 4 ini.

· Penggunaan engine baru

Belajar dari pengalaman dari The Sims 3 yang kurang stabil ketika pemain menggunakan semua expansion pack, developer memutuskan untuk menggunakan engine baru pada The Sims 4.

Dengan digunakannya engine baru tersebut, jelas game simulasi kehidupan The Sims 4 berjalan lebih stabil dan juga lebih ringan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Penggunaan engine baru pada The Sims 4 ini juga membuat gamer tidak perlu lagi merasa takut mengalami crash ketika bermain game The Sims seperti yang sering terjadi pada The Sims 3.

Selain membuat game The Sims 4 menjadi lebih stabil, penggunaan engine baru tersebut juga membuat game The Sims 4 memiliki tampilan yang jauh lebih realistis dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Fitur-Fitur Unggulan yang Hanya Bisa Ditemukan di Game Simulasi Kehidupan The Sims 4

Selain perubahan-perubahan besar yang sudah dibahas pada game simulasi kehidupan The Sims 4, sebenarnya anda juga akan merasakan adanya beberapa macam fitur baru di dalam game simulasi kehidupan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fitur baru yang juga menjadi fitur unggulan dari The Sims 4:

· Model rambut tidak mempengaruhi aksesoris di kepala

Bagi anda yang sudah pernah memainkan game simulasi kehidupan The Sims seri 2 atau 3, pasti anda sudah paham mengenai sulitnya memilih topi atau aksesoris di kepala yang bisa anda gunakan sesuai dengan gaya rambut yang anda pilih.

Jika anda ingin memilih topi atau aksesoris tertentu, anda akan kehilangan kesempatan untuk memilih model rambut karakter anda.

Jadi pada The Sims seri 2 dan 3, model rambut karakter dipengaruhi dengan aksesoris yang digunakan.

Hal tersebut sudah tidak akan anda rasakan lagi ketika bermain game simulasi kehidupan The Sims 4. Model rambut yang anda pilih tidak akan berubah ketika anda ingin menggunakan aksesoris di kepala karakter anda.

· Fitur relationship dibagi menjadi 2

Game simulasi kehidupan The Sims 4 juga mendapatkan fitur baru pada bagian relationship. Jika dulu hanya ada satu macam relationship saja, sekarang setiap kali karakter anda berinteraksi dengan karakter lain akan dibagi menjadi 2.

Selain friendship, anda juga akan melihat romantic attraction untuk membedakan hubungan karakter anda dengan karakter lainnya di dalam game.

· Fitur relationship yang jauh lebih kompleks lagi

Bukan hanya dibagi menjadi 2 saja. Hubungan antar karakter di game simulasi kehidupan The Sims 4 juga akan semakin kompleks.

Salah satu alasan kenapa hubungan antar karakter di dalam game The Sims 4 itu akan semakin kompleks karena mood karakter akan sangat mempengaruhi karakter yang ada di sekitarnya.

Dengan adanya peningkatan pada fitur relationship ini, jelas The Sims 4 menjadi semakin terasa realistis.

· Kematian atau perceraian akan semakin terasa berat

Karena adanya perubahan yang sangat drastis pada fitur relationship di game simulasi kehidupan The Sims 4, jelas momen kematian dan juga perceraian akan semakin terasa berat.

Karakter anda yang mengalami momen-momen tersebut kemungkinan besar akan merasakan efek negatif selama beberapa waktu. Selain itu, hal tersebut tetap akan terus dirasakan oleh karakter anda ketika teringat dengan momen tersebut.

· Fitur pembuatan dan pengaturan rumah yang semakin mudah

Selain membutuhkan waktu yang sangat lama dalam membuat karakter, kebanyakan gamer juga menghabiskan waktu yang sangat lama ketika membuat dan mengatur rumah di game simulasi kehidupan The Sims ini.

Namun hal tersebut tidak akan anda alami lagi. Kenapa? Karena The Sims 4 sudah dilengkapi dengan fitur pembuatan dan pengaturan rumah yang jauh lebih mudah dan efektif.

Di dalam game The Sims 4, anda bisa dengan mudah melakukan copy paste ruangan yang sudah pernah anda buat sebelumnya. Hal ini jelas akan mempercepat proses pembuatan rumah untuk karakter anda.

Kesimpulan

The Sims 4 memang sudah mendapatkan banyak sekali perubahan dari seri sebelumnya. Oleh sebab itu, game simulasi kehidupan ini bisa terasa semakin realistis dari seri sebelumnya.

Namun karena masih tergolong seri baru, jelas anda belum bisa menikmati semua fitur lengkap dari expansion pack seperti seri sebelumnya.

Tags: #Game Simulasi Kehidupan #The Sims 4