Tips Aman Charge Baterai Smartphone di Mobil

panduan cara charge baterai smartphone di mobil 600x300 » Tips Aman Charge Baterai Smartphone di Mobil

Karena kesibukan yang makin tinggi, tidak heran jika banyak orang jaman sekarang lebih sering melakukan pengisian daya baterai atau charge baterai smartphone di dalam mobil.

Hal ini sangat wajar karena memang dari produsen mobil sendiri bahkan sudah menyediakan soket khusus untuk melakukan pengisian baterai smartphone.

Namun sayangnya, banyak sekali yang masih menganggap bahwa melakukan charge baterai smartphone di dalam mobil itu berbahaya. Hal ini ditambah ada beberapa kejadian dimana smartphone meledak ketika sedang melakukan pengisian daya baterai di dalam mobil.

Lalu apakah memang charge baterai smartphone di dalam mobil itu bahaya? Jika memang sangat berbahaya, apakah tidak ada cara agar bisa melakukan charge baterai smartphone di dalam mobil dengan aman?

panduan cara charge baterai smartphone di mobil » Tips Aman Charge Baterai Smartphone di Mobil

Bagi anda yang mau tau bagaimana cara aman melakukan charge baterai smartphone di dalam mobil, anda bisa pelajari tipsnya lebih lanjut di dalam artikel ini.

Charge Baterai Smartphone di Mobil Aman Jika Sistem Kelistrikan Mobil Dalam Kondisi Prima

Memang benar, charge baterai smartphone di dalam mobil itu tetap ada risikonya. Risikonya akan makin besar jika sistem kelistrikan di dalam mobil anda dalam kondisi buruk.

Oleh sebab itu, tips pertama untuk bisa charge baterai smartphone di dalam mobil dengan aman adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi kelistrikan di dalam mobil anda benar-benar prima.

Yang paling perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi aki mobil anda. Jika aki mobil sudah dalam kondisi overcharge, ada baiknya ganti terlebih dahulu aki mobil anda.

Pasalnya, aki mobil yang sudah overcharge bisa membuat baterai smartphone mengalami kerusakan ketika diisi di dalam mobil.

Dan yang paling parah, aki mobil yang kondisinya sudah overcharge bisa membuat baterai smartphone menjadi sangat panas ketika diisi di dalam mobil.

Pastikan Smartphone Tidak Terpapar Sinar Matahari Selama Melakukan Charge Baterai di Dalam Mobil

Untuk mengurangi risiko, selain memastikan bahwa sistem kelistrikan di dalam mobil benar-benar prima, anda juga tidak disarankan untuk meletakkan smartphone sembarangan ketika sedang dalam proses charge baterai di dalam mobil.

Sebisa mungkin anda disarankan untuk meletakkan smartphone agar tidak terpapar sinar matahari ketika sedang melakukan pengisian daya baterai di dalam mobil.

Smartphone yang terpapar sinar matahari secara langsung akan membuatnya lebih cepat panas dan hal tersebut jelas akan sangat membahayakan ketika smartphone sedang dalam proses pengisian daya baterai di dalam mobil.

Matikan Smartphone Selama Melakukan Pengisian Daya Baterai di Dalam Mobil

Selain tidak disarankan untuk meletakkan smartphone secara sembarangan ketika sedang melakukan pengisian daya baterai di dalam mobil, anda yang sering mengisi daya baterai di dalam mobil juga disarankan untuk mematikan smartphone.

Kenapa? Karena dengan mematikan smartphone, maka proses pengisian daya baterainya akan jauh lebih cepat. Selain itu, mematikan smartphone selama proses pengisian daya baterai juga bisa menjaga suhu baterai smartphone tetap stabil.

Dengan begitu, proses pengisian daya baterai smartphone dengan menggunakan jack lighter di dalam mobilpun akan jauh lebih aman.

Sebaiknya Tidak Melakukan Charge Baterai Smartphone Ketika Kondisi Mesin Mobil Mati

Jika anda mau aman dalam melakukan charge baterai smartphone di dalam mobil, anda juga sangat disarankan untuk tidak melakukan pengisian daya baterai smartphone ketika mesin mobil mati.

Kenapa? Karena ketika kondisi mesin mobil mati total, anda akan menyedot daya yang ada di dalam aki mobil untuk mengisi daya baterai smartphone. Meskipun tidak berpotensi merusak smartphone, namun kebiasaan ini dapat merusak aki mobil anda.

Aki mobil akan lebih cepat drop ketika anda sering melakukan pengisian daya baterai smartphone di dalam mobil ketika mesin mobil dalam kondisi mati.

Pastikan Untuk Menggunakan Charger Mobil yang Berkualitas

Yang terakhir, melakukan pengisian daya baterai smartphone di dalam mobil itu makin aman jika charger mobil yang anda gunakan juga jelas kualitasnya.

Jika charger mobil yang anda gunakan adalah charger yang kualitasnya rendah, maka kerusakan bisa saja disebabkan karena penggunaan charger murahan tersebut.

Oleh sebab itu, jika memang anda cukup sering melakukan charge baterai smartphone di dalam mobil, alokasikan sedikit dana untuk membeli charger mobil yang berkualitas tinggi.

Pasalnya, hal tersebut bukan hanya untuk melindungi smartphone anda dari kerusakan saja. Namun hal tersebut juga memastikan sistem kelistrikan mobil anda tidak mengalami masalah ketika sering digunakan untuk melakukan charge baterai smartphone.