Tips Mudah Backup Data di Smartphone Android Rooted

trik backup data di smartphone android rooted 600x300 » Tips Mudah Backup Data di Smartphone Android Rooted

Banyak orang beranggapan bahwa setelah melakukan root pada sistem operasi Android di smartphonenya, maka akan ada banyak fitur yang tidak bisa mereka gunakan lagi.

Salah satu fitur yang dikabarkan tidak bisa digunakan lagi setelah smartphone Android diroot adalah fitur backup.

Lalu apakah benar bahwa fitur backup menjadi tidak bisa digunakan lagi setelah sistem operasi Android di dalam smartphone sudah diroot? Jika memang sudah tidak bisa digunakan lagi, lalu bagaimana caranya melakukan backup pada smartphone Android yang sudah diroot tersebut?

Bagi anda yang mau tau jawabannya, anda bisa baca penjelasannya lebih lengkap melalui artikel ini.

Kelebihan Melakukan Backup Data Pada Smartphone Android yang Sudah Diroot

Apakah benar bahwa smartphone Android yang sudah diroot itu justru tidak bisa menggunakan fitur backup lagi?

trik backup data di smartphone android rooted » Tips Mudah Backup Data di Smartphone Android Rooted

Sebenarnya, hal tersebut tidak benar. Justru setelah diroot, smartphone Android akan memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal melakukan backup. Lalu apa saja kelebihan melakukan backup di smartphone Android yang sudah diroot?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan melakukan backup pada smartphone Android yang sudah diroot:

  • Bisa melakukan backup semua jenis data yang ada di dalam smartphone Android.

Karena sudah diroot, secara otomatis anda akan bisa mengakses hampir semua jenis data yang tersimpan di dalam smartphone anda.

Yang lebih menarik lagi, anda justru bisa sampai melakukan backup pada pengaturan khusus pada sistem operasi Android yang terpasang di dalam smartphone anda ketika sudah melakukan root.

Dan jika anda inginkan, anda bisa menggunakan pengaturan tersebut lagi di smartphone Android yang lain.

  • Bisa melakukan backup semua jenis data hanya dengan satu kali proses saja

Selain bisa melakukan backup untuk semua jenis data, smartphone Android yang sudah diroot juga tidak perlu menggunakan banyak aplikasi ataupun cara untuk bisa melakukan backup semua jenis data.

Smartphone Android yang sudah diroot hanya membutuhkan satu kali proses saja untuk bisa melakukan backup semua data.

Hal ini jelas jauh lebih nyaman jika dibandingkan dengan smartphone Android yang masih belum diroot.

Smartphone Android yang masih belum diroot harus menggunakan berbagai macam aplikasi untuk melakukan backup berbagai macam jenis data.

Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang malas melakukan backup pada smartphone Android yang belum diroot.

Cara Mudah Melakukan Backup Data di Smartphone Android yang Sudah Diroot

Oke, jika memang smartphone Android yang sudah diroot itu justru banyak kelebihannya dalam hal melakukan backup, lalu bagaimana caranya melakukan backup pada smartphone Android yang sudah diroot tersebut?

Karena memang tidak bisa lagi menggunakan fitur backup bawaan, maka smartphone Android yang sudah diroot memang disarankan menggunakan aplikasi khusus yang disebut dengan Titanium Backup.

Aplikasi Titanium Backup ini bisa anda unduh secara gratis di Playstore. Dan aplikasi ini hanya bisa dipasang di smartphone Android yang sudah diroot.

Setelah diunduh dan dipasang di dalam smartphone Android yang sudah diroot, selanjutnya anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini saja untuk melakukan backup data:

  1. Buka aplikasi Titanium Backup.
  2. Setelah aplikasi terbuka, berikan ijin aplikasi untuk mengakses root dan semua data yang ada di dalam smartphone Android anda.
  3. Pilih menu backup yang terdapat di bagian atas layar.
  4. Setelah itu, centang icon menu di pojok kanan atas layar.
  5. Kemudian, pilih “backup all user apps + system data” jika anda ingin melakukan backup semua data di dalam smartphone Android. Jika anda hanya ingin backup data tertentu saja, anda hanya perlu memilih data mana saja yang mau anda backup.
  6. Terakhir, tunggu proses backupnya selesai.

Note:

Data hasil backup smartphone Android anda yang sudah diroot akan tersimpan di dalam sebuah folder khusus bernama Titanium Backup. Folder tersebut biasanya bisa anda temukan di dalam memori internal smartphone Android anda.

Jika anda mau memindahkan data backup tersebut kedalam smartphone Android lain, anda hanya perlu memasang aplikasi Titanium Backup lagi di smartphone Android baru kemudian masukkan folder Titanium Backup.

Setelah itu, buka aplikasi Titanium Backup dan pilih menu restore. Kemudian, pilih folder Titanium Backup dan tunggu proses memindahkan data backup anda selesai.

Jadi bagaimana? Sangat mudah bukan melakukan backup data pada smartphone Android yang sudah diroot itu?