Tips Mudah Mendeteksi Aplikasi Android yang Mungkin Disusupi Malware atau Virus

Ada banyak sekali jalan masuk malware ataupun virus kedalam sistem operasi Android di smartphone yang anda gunakan. Salah satu jalannya adalah melalui aplikasi yang anda pasang.

Tidak semua aplikasi Android itu benar-benar aman untuk dipasang. Dari sekian banyak aplikasi gratis, bahkan bisa dikatakan jika sebagian besarnya sudah disusupi dengan malware ataupun bahkan virus.

Masalahnya, belum banyak orang yang bisa membedakan mana aplikasi yang aman untuk dipasang dan digunakan di smartphone Android, dan mana aplikasi yang berbahaya.

Jika anda juga masih bingung bagaimana cara mengetahui mana aplikasi yang aman dan yang berbahaya untuk dipasang di dalam smartphone Android, anda bisa pelajari hal tersebut lebih lengkapnya di dalam artikel ini.

Ini 5 Macam Ciri Aplikasi Android yang Berbahaya Untuk Dipasang di Smartphone

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membedakan mana aplikasi Android yang berbahaya dan yang aman untuk dipasang di smartphone.

Berikut ini adalah beberapa ciri dari aplikasi Android yang berbahaya untuk dipasang di smartphone anda:

  1. Meminta ijin untuk mengakses hal yang tidak berhubungan dengan aplikasi

Ciri aplikasi Android yang cukup berbahaya untuk dipasang di smartphone adalah aplikasi yang meminta ijin untuk mengakses hal-hal yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan aplikasi tersebut.

Contohnya seperti ketika anda mau memasang aplikasi editing foto, namun aplikasi tersebut meminta ijin untuk mengakses lokasi smartphone anda.

Secara logikanya, aplikasi editing foto sama sekali tidak membutuhkan akses lokasi bukan? Lalu untuk apa aplikasi tersebut ingin mengakses lokasi smartphone anda?

Oleh sebab itu, mulai sekarang setiap kali mau memasang aplikasi Android, cek dengan lebih teliti tentang apa saja hal yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut.

Jika memang permintaan ijinnya terlalu aneh dan tidak berhubungan dengan fungsinya, lebih baik batalkan proses pemasangan aplikasi tersebut.

  1. Ukuran file terlalu aneh

Selain meminta ijin untuk mengakses hal-hal yang tidak dibutuhkan, aplikasi Android yang berbahaya juga bisa dilihat dari ukuran filenya.

Sebuah aplikasi yang benar-benar aman itu biasanya memiliki ukuran file yang sewajarnya dengan aplikasi sejenis. Namun jika aplikasi memiliki ukuran file yang tidak wajar, sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut berbahaya untuk dipasang.

Contohnya, jika anda menemukan aplikasi editing foto dengan ukuran file 2 MB, sudah dapat dipastikan bahwa aplikasi tersebut sangat tidak wajar. Kenapa? Karena normalnya aplikasi editing foto itu bisa memiliki ukuran file dari 50 MB sampai lebih dari 200 MB.

  1. Aplikasi yang mirip dengan aplikasi yang terkenal

Aplikasi Android yang berbahaya berikutnya adalah aplikasi yang memiliki nama dan icon yang mirip dengan aplikasi yang sudah terkenal.

Aplikasi-aplikasi yang punya nama dan juga icon mirip dengan aplikasi terkenal ini biasanya memang paling sering berisi malware. Kenapa? Karena pembuatnya berharap ada orang yang salah mengira aplikasi tersebut sebagai aplikasi terkenal.

Dengan memiliki nama dan juga icon yang mirip, tentu pembuat aplikasi yang berisi malware akan lebih mudah menyebarkan aplikasinya.

  1. Aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi

Ciri aplikasi Android yang berbahaya berikutnya adalah aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi.

Hampir semua aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoprek sistem operasi Android dipastikan sangat berbahaya. Kenapa? Karena aplikasi tersebut bisa menanamkan file secara permanen di dalam sistem operasi Android.

Selain itu, untuk bisa memasang aplikasi tersebut, mau tidak mau pengguna harus melakukan root pada smartphone Androidnya.

Ketika sudah melalui proses root, sudah dapat dipastikan bahwa smartphone Android sudah tidak lagi aman dari ancaman malware ataupun virus.

  1. Aplikasi yang didapatkan diluar Google Playstore

Yang terakhir, ciri aplikasi Android yang berbahaya adalah yang tidak didapatkan dari Google Playstore.

Kenapa aplikasi yang diunduh diluar Playstore dinyatakan sebagai aplikasi Android yang berbahaya? Karena di dalam Playstore yang sudah cukup ketat saja masih ditemukan aplikasi berbahaya, apalagi di luar Playstore yang sama sekali tidak ada pengecekan file aplikasi.

Sekarang sudah cukup paham bukan bagaimana caranya membedakan mana aplikasi Android yang aman dan mana aplikasi yang berbahaya itu?

Untuk lebih mudahnya lagi, hanya pasang aplikasi yang benar-benar anda butuhkan dan sudah anda ketahui kredibilitasnya di dalam smartphone Android anda.