Toughbook A3, Tablet Tahan Banting Besutan Panasonic

tablet android panasonic toughbook a3 600x300 » Toughbook A3, Tablet Tahan Banting Besutan Panasonic

Cukup lama tidak terdengar di dunia smartphone maupun tablet, akhirnya Panasonic memberikan berita baik. Saat ini, perusahaan elektronik yang berbasis di Osaka, Jepang ini sudah bersiap-siap untuk meluncurkan tablet terbaru yang diberi nama Toughbook A3.

Seperti pendahulunya, Toughbook A3 juga masih hadir sebagai tablet tahan banting. Tidak hanya memiliki kelebihan di bagian daya tahannya, Toughbook A3 juga masih dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Lalu seperti apakah spesifikasi yang dibawa Toughbook A3 buatan Panasonic tersebut? Berapakah harga jualnya? Bagi anda yang ingin mengetahui lebih banyak soal Toughbook A3, anda bisa baca informasinya di artikel ini.

Display Berukuran 10.1 Inci

Selain memiliki keunggulan pada bagian daya tahannya, Toughbook A3 juga masih dibekali dengan spesifikasi yang cukup oke.

Sebagai tablet, Toughbook A3 dibekali dengan display berukuran sangat besar yaitu 10.1 inci. Sedangkan jenis panel display yang diusung adalah panel LCD. Dengan display tersebut, Toughbook A3 sudah bisa mendukung resolusi sebesar 1920 X 1200.

Untuk bagian desain displaynya, Toughbook A3 bisa dikatakan hadir dengan display yang terlihat cukup kuno. Toughbook A3 masih mengusung display dengan bezel yang cukup tebal.

Hal tersebut kemungkinan besar difungsikan untuk menambah kekuatan display Toughbook A3. Selain itu, di bagian bawah display juga terlihat terdapat 5 tombol fisik yang fungsinya dikabarkan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Ditenagai Chipset Qualcomm Snapdragon 660

Bukan hanya bagian display saja, Toughbook A3 juga dibekali dengan dapur pacu yang masih bisa dikatakan cukup oke.

Meskipun hadir sebagai tablet dengan daya tahan tinggi, Toughbook A3 masih dibekali dengan chipset buatan Qualcomm, tepatnya seri Snapdragon 660. Meskipun bukan seri chipset tinggi dan baru, chipset yang dibenamkan di dalam Toughbook A3 masih bisa dikatakan mumpuni digunakan di masa sekarang.

tablet android panasonic toughbook a3 » Toughbook A3, Tablet Tahan Banting Besutan Panasonic

Selain mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 660, Toughbook A3 juga masih dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB serta memori internal 64 GB. Dan bukan hanya itu saja, Toughbook A3 juga masih bisa ditambahkan dengan memori eksternal jenis microSD.

Namun sayang, Toughbook A3 besutan Panasonic ini dikabarkan hanya akan menggunakan sistem operasi Android versi 9 atau Android Pie saja. Hanya saja, Toughbook A3 dipastikan mendukung semua sistem navigasi global.

Mengantongi 2 Sertifikasi Tes Daya Tahan

Bukan hanya desain bodi saja yang membuat Toughbook A3 dikatakan sebagai tablet tahan banting, hal tersebut juga sudah dibuktikan dengan adanya 2 sertifikasi tes daya tahan khusus yang sudah didapatkan tablet Toughbook A3.

Toughbook A3 besutan Panasonic sudah mengantongi 2 sertifikasi tes daya tahan seperti IP65, dimana sertifikasi tersebut memastikan bahwa Toughbook A3 benar-benar tahan dengan air dan juga debu, dan juga sertifikasi MIL STD 810H, dimana sertifikasi tersebut membuktikan bahwa tablet Toughbook A3 bisa bertahan di kondisi yang sangat ekstrim sekalipun.

Fitur yang Dimiliki Toughbook A3

Selain memiliki daya tahan yang sangat tinggi, Toughbook A3 juga dipastikan dibekali dengan berbagai fitur khusus. Berikut ini adalah beberapa fitur yang juga bisa ditemukan di Toughbook A3:

  • Sudah dibekali dengan port yang sangat lengkap mulai dari port USB tipe A dan port USB tipe C.
  • Sudah dibekali juga dengan stylus.
  • Dilengkapi juga dengan fitur Panasonic Compass Suite.
  • Memiliki smart card reader.

Memiliki 2 Baterai yang Bisa Dengan Mudah Dibongkar Pasang

Seperti yang sudah disebutkan, Toughbook A3 memang bukan hanya unggul dari daya tahannya saja. Karena dibuat untuk mereka yang lebih sering berada di luar ruangan, Toughbook A3 juga dibekali dengan 2 buah baterai.

Masing-masing baterai Toughbook A3 memiliki kapasitas yang berbeda. Dan selain itu, 2 baterai tersebut juga bisa dengan mudah dibongkar pasang.

Untuk kapasitas baterainya sendiri, Toughbook A3 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.500 mAh dan juga 3.200 mAh. Dengan 2 baterai tersebut, Toughbook A3 total bisa digunakan selama 23 jam hanya dengan 1 kali melakukan pengisian daya baterai saja.

Harga Toughbook A3

Toughbook A3 memang belum akan diluncurkan di waktu dekat ini. Rencananya, Panasonic baru akan meluncurkan Toughbook A3 pada bulan Agustus 2020 nanti di Inggris.

Menurut bocorannya, Toughbook A3 akan dijual Panasonic di Inggris dengan kisaran harga 1.182 Euro.