Unlock Bootloader Xiaomi Stuck? Begini Solusinya

62 views

Unlock bootloader Xiaomi itu memang sebenarnya sangat mudah sekali. Setelah anda mendapatkan persetujuan dari Xiaomi, anda sudah bisa melakukan unlock bootloader pada HP Xiaomi anda.

Sayangnya, proses unlock bootloader HP Xiaomi terkadang juga bisa terkendala. Salah satu kendala yang sering dialami pemilik HP Xiaomi ketika melakukan unlock bootloader adalah prosesnya tiba-tiba terhenti atau stuck di 50%.

Dan masalah tersebut cukup sering dialami oleh orang-orang yang melakukan proses unlock bootloader Xiaomi. Bisa dikatakan hampir 80% yang melakukan unlock bootloader mengalami masalah tersebut.

Melihat fakta bahwa ada banyak orang yang mengalami masalah stuck di 50% dalam proses unlock bootloader, maka anda yang mau mencoba unlock bootloader pada HP Xiaomi juga harus tau bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Jika anda mau tau bagaimana caranya mengatasi masalah unlock bootloader Xiaomi terhenti di 50%, anda bisa pelajari hal tersebut lebih lanjut di dalam artikel ini.

Apa Penyebab Proses Unlock Bootloader Xiaomi Sampai Stuck 50%?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengatasi masalah unlock bootloader yang stuck di 50%, anda perlu tau terlebih dahulu mengenai apa saja penyebabnya.

Jika berbicara mengenai masalah stuck 50% pada proses unlock bootloader, memang penyebab hal tersebut biasanya adalah karena akun MI di perangkat HP Xiaomi dan aplikasi MI Flash yang anda gunakan tidak sama.

Karena akun MI yang digunakan tidak sama, maka secara otomatis sistem MIUI tidak bisa mengenali perangkat anda. Ketika tidak bisa mengenali perangkat, secara otomatis proses unlock bootloadernya terhenti sampai 50% saja yaitu pada bagian verifikasi perangkat.

Macam-Macam Hal Penting yang Anda Butuhkan Untuk Proses Unlock Bootloader Xiaomi

Untuk bisa mengatasi unlock bootloader Xiaomi terhenti prosesnya di 50%, ada beberapa hal penting yang harus anda persiapkan terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang anda butuhkan untuk mengatasi masalah stuck ketika melakukan unlock bootloader:

  • Aplikasi MI Flash

Aplikasi MI Flash ini nantinya akan dipasang di PC ataupun laptop. Fungsi dari aplikasi MI Flash ini adalah untuk mengatasi bug pada ROM HP Xiaomi yang menyebabkan proses unlock bootloader tersendat.

Bagi anda yang mau melakukan unlock bootloader, pastikan untuk mengunduh dan memasang terlebih dahulu aplikasi MI Flash dari website resminya.

  • Sudah mendapatkan SMS dari Xiaomi

Selain aplikasi MI Flash, anda yang mau mengatasi masalah unlock bootloader yang prosesnya berhenti di 50% juga harus sudah mendapatkan SMS konfirmasi dari Xiaomi.

SMS konfirmasi tersebut merupakan bukti bahwa anda sudah mengirimkan permintaan ijin untuk melakukan unlock bootloader pada Xiaomi pusat.

Jika anda belum mengirimkan permintaan ijin untuk melakukan unlock bootloader, anda bisa melakukan hal tersebut terlebih dahulu melalui website MIUI resmi.

  • PC atau laptop dengan koneksi internet

Hal penting terakhir yang anda butuhkan untuk mengatasi masalah stuck 50% ketika melakukan unlock bootloader Xiaomi adalah PC ataupun laptop dengan koneksi internet.

Pasalnya, anda perlu menghubungkan antara HP Xiaomi yang stuck proses unlock bootloadernya dengan PC atau laptop.

2 Cara Mengatasi Masalah Unlock Bootloader Xiaomi Stuck 50%

Ada 2 cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan proses UBL di HP Xiaomi yang mengalami stuck 50%. Berikut ini adalah kedua cara tersebut:

  1. Dengan menggunakan fitur Find My Device

Jika proses UBL di HP Xiaomi anda terhenti di 50%, anda bisa atasi dengan menggunakan fitur Find My Device di HP Xiaomi anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Login terlebih dahulu kedalam akun MI anda dari HP Xiaomi yang mau anda unlock bootloadernya.
  • Setelah berhasil login kedalam akun MI, aktifkan fitur Find My Devicenya.
  • Berikutnya, aktifkan fitur Android device manager dengan cara masuk kedalam menu pengaturan, kemudian pilih additional settings, dan privacy.
  • Jika sudah, buka PC atau laptop anda dan akses website MI Cloud. Login kedalam akun MI yang sama dengan yang anda gunakan di HP Xiaomi.
  • Setelah berhasil login ke dalam akun MI melalui website resminya, pilih menu Find My Device yang berada di bagian paling kanan.
  • Pastikan HP Xiaomi anda terdeteksi ketika anda memilih menu Find My Device di website MI Cloud resmi.
  • Jika HP Xiaomi anda sudah terdeteksi, segera akses website Xiaomi resmi untuk unlock bootloadernya.

Jika proses unlock bootloader menggunakan cara pertama ini masih stuck di 50%, jangan khawatir, anda bisa mencoba cara yang kedua.

  1. Dengan menggunakan MI Flash

Jika anda sudah mencoba unlock bootloader Xiaomi menggunakan fitur Find My Device dari akun MI dan hasilnya tetap stuck di 50%, anda bisa coba gunakan aplikasi MI Flash.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan UBL dari HP Xiaomi dengan menggunakan MI Flash:

  • Pertama-tama, masuk terlebih dahulu kedalam menu pengaturan.
  • Setelah itu, pilih menu about.
  • Tekan atau ketuk pada kolom versi MIUI sebanyak 7 kali. Hal tersebut untuk masuk kedalam mode developer.
  • Jika sudah masuk kedalam mode developer, keluar dari menu about dan cari menu Additional Settings, kemudian masuk kedalam menu Developer Options.
  • Aktifkan 2 fitur seperti OEM Unlocking dan USB Debugging dari Developer Settings.
  • Setelah mengaktifkan 2 fitur tersebut, maka anda sudah bisa masuk kedalam menu MI Unlock Status yang berada di dalam menu Developer Options
  • Masuk kedalam menu MI Unlock Status di dalam HP Xiaomi anda. Setelah itu, tekan tombol add account and device yang berada di bagian bawah. Pastikan untuk memasukkan akun MI yang sudah mendapatkan persetujuan dari Xiaomi untuk melakukan unlock bootloader.
  • Jika sudah, hubungkan HP Xiaomi anda dengan PC ataupun laptop yang sudah terpasang aplikasi MI Flash versi terbaru.
  • Lakukan proses unlock bootloader dari aplikasi MI Flash terbaru di PC ataupun laptop anda.

Jika akun MI yang anda masukkan kedalam HP Xiaomi anda benar-benar sudah mendapatkan persetujuan untuk melakukan unlock bootloader, seharusnya proses bootloader akan berjalan sampai 100% dengan menggunakan cara kedua ini.

Jadi bagaimana? Apakah anda sudah berhasil melakukan unlock bootloader HP Xiaomi? Apakah anda masih mengalami masalah stuck di 50% saat melakukan unlock bootloader Xiaomi dengan menggunakan salah satu dari 2 cara yang dibahas di dalam artikel ini?

Tags: #Unlock Bootloader Xiaomi Stuck