Wajib Tahu! Ini Jenis Lensa Kamera yang Tertanam di Smartphone Zaman Sekarang

Lensa kamera adalah salah satu hal yang menarik minat konsumen untuk membeli smartphone di zaman sekarang. Selain digunakan untuk bermain game, smartphone era sekarang memang lebih sering digunakan untuk mengabadikan momen kala hangout sama komunitas ataupun selfie dalam bentuk foto ataupun video.

Oleh sebab itu, lensa kamera adalah salah satu hal yang jadi prioritas orang yang maau membeli smartphone.

Berbicara mengenai lensa kamera, smartphone zaman sekarang itu tidak simple seperti dulu lagi. Karena tuntutan, akhirnya smartphone jaman sekarangpun mulai dibekali dengan lebih dari 2 lensa.

Namun sayangnya, banyak orang masih fokus pada besarnya ukuran sensor kamera saja. Padahal, jenis lensa yang dibenamkan di smartphone itu juga sangat penting untuk diperhatikan.

Sudah taukah anda mengenai apa saja macam-macam jenis lensa yang saat ini sangat sering dibenamkan di dalam sebuah smartphone? Jika anda belum tau mengenai hal tersebut, ada baiknya pelajari tersebut hal tersebut di dalam artikel ini.

Ini 5 Macam Jenis Lensa Kamera yang Sering jadi fitur andalan Smartphone era sekarang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, smartphone jaman sekarang itu memang membawa banyak sekali jenis lensa. Hanya dalam satu buah smartphone saja, bisa saja anda menemukan ada 5 jenis lensa di dalamnya. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas foto maupun video.

Lalu apa saja jenis lensa kamera yang biasa dibenamkan di dalam smartphone jaman sekarang tersebut? Berikut ini adalah beberapa macam lensa kamera yang biasa digunakan di smartphone jaman sekarang:

  1. Lensa utama

Lensa utama di dalam sebuah smartphone ini biasanya memiliki resolusi yang paling besar dari lensa kamera lainnya.

Pada umumnya, standard smartphone jaman sekarang ini dibekali dengan lensa utama dengan resolusi mulai dari 24 MP. Namun demikian, kabarnya sudah akan muncul smartphone dengan lensa utama resolusi 108 MP.

Namun demikian, mayoritas smartphone tidak selalu menggunakan lensa utamanya secara 100%. Jadi meskipun membawa lensa utama yang resolusinya besar, biasanya secara default smartphone jaman sekarang masih menggunakan lensa utama dengan resolusi 20 MP-an saja.

Jika mau menggunakan resolusi lensa kamera utama hingga 100%, pengguna harus mengaktifkannya secara manual melalui pengaturan kamera smartphone.

  1. Lensa wide angle

Lensa wide angle adalah salah satu lensa yang jadi pelengkap dari lensa utama di dalam sebuah smartphone.

Fungsi dari lensa wide angle ini adalah mengambil gambar background dengan angle yang lebih lebar. Dengan adanya lensa wide angle ini, anda bisa mengambil foto dengan background yang lebih luas tanpa harus mengatur jarak smartphone dengan obyek yang anda foto.

Saat ini, lensa wide angle yang digunakan di sebuah smartphone maksimal bisa mengambil gambar dengan sudut maksimal 120 derajat.

  1. Lensa zoom

Selain lensa wide angle, banyak vendor smartphone juga menyematkan lensa zoom sebagai pelengkap lensa utama di dalam smartphone.

Berbeda dengan lensa wide angle, lensa zoom ini digunakan untuk memperbesar satu area yang mau di foto atau di video.

Dengan adanya lensa zoom ini, kualitas foto maupun video yang diperbesar tidak akan mengalami penurunan.

Lensa zoom yang digunakan di dalam sebuah smartphone jaman sekarangpun jenisnya sudah ada beberapa macam mulai dari 2x optical zoom, 5x optical zoom, 10x optical zoom, dan hingga 20x hybrid zoom.

  1. Lensa telephoto

Lensa kamera yang juga biasa dibawa smartphone jaman sekarang adalah lensa telephoto. Lensa telephoto ini juga punya nama lain seperti lensa portrait dan juga lensa live fokus.

Lensa telephoto ini digunakan untuk membuat efek bokeh pada foto. Efek bokeh adalah satu efek fotografi yang membuat background foto menjadi blur.

Dari sekian banyak jenis lensa kamera yang dibawa smartphone jaman sekarang, lensa telephoto inilah yang paling sering digunakan.

Namun demikian, dari sekian banyak jenis lensa kamera di smartphone, lensa telephoto ini juga jadi yang paling sulit untuk digunakan.

Pasalnya, untuk bisa menghasilkan efek bokeh yang sempurna, pengguna harus memahami prinsip pencahayaan dalam fotografi.

  1. Lensa monokromatik

Jenis lensa kamera yang paling sering digunakan di smartphone jaman sekarang adalah lensa monokromatik.

Lensa monokromatik ini digunakan untuk mempertajam kontras di foto yang anda ambil. Pasalnya lensa monokromatik ini tidak mengambil warna-warna di dalam obyek yang anda foto.

Lensa monokromatik ini hanya mengambil kontras warna hitam dan putih saja dari obyek yang anda foto.

Selain 5 jenis lensa tersebut, sebenarnya masih ada cukup banyak jenis lensa kamera lain yang juga mulai digunakan di smartphone jaman sekarang.

Salah satu lensa yang juga mulai digunakan di smartphone jaman sekarang adalah lensa ToF atau juga biasa disebut dengan depth sensor.

Lensa depth sensor atau ToF tersebut berfungsi untuk memaksimalkan cahaya yang bisa didapatkan oleh lensa-lensa kamera lain. Dengan adanya lensa depth sensor tersebut, kualitas foto akan semakin baik karena lensa ToF tersebut bisa mengurangi noise di dalam foto.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah paham bukan mengenai apa saja jenis lensa yang biasa digunakan di smartphone zaman sekarang?

Jadi jika nanti anda mau membeli smartphone, pastikan terlebih dahulu untuk cek apa saja jenis lensa yang dibawa oleh smartphone tersebut. Dan lagi, jangan hanya fokus pada berapa megapiksel kameranya ya.

Tags: #Jenis Lensa Kamera Smartphone