Waspadalah! Begini Cara Malware Menyusup Kedalam Sistem Smartphone Android

beragam cara malware menyusup kedalam sistem smartphone android 600x300 » Waspadalah! Begini Cara Malware Menyusup Kedalam Sistem Smartphone Android

Smartphone Android memang bisa dikatakan memiliki sistem keamanan yang cukup mudah disusupi oleh malware. Hal tersebut disebabkan karena sistem keamanan OS Android memang tidak seketat sistem keamanan di IOS.

Namun berbicara soal malware yang menyusup kedalam smartphone dengan sistem Android, tidak banyak yang menjelaskan mengenai bagaimana malware bisa menyusup kedalam smartphone Android.

Padahal jika pengguna smartphone tau bagaimana cara malware menyusup kedalam sistem Android, pengguna bisa lebih berhati-hati untuk tidak melakukannya.

Lalu bagaimana cara malware biasanya menyusup kedalam sistem smartphone Android itu? Jika anda ingin tau lebih lengkap mengenai hal tersebut, anda bisa baca penjelasannya di dalam artikel ini.

Malware Bisa Menyusup Kedalam Smartphone Android Melalui Aplikasi

Cara pertama dan yang biasa dilakukan file malware untuk menyusup kedalam smartphone Android adalah melalui aplikasi yang terpasang di dalam smartphone.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk aplikasi yang diunduh bukan dari Playstore. Terkadang aplikasi yang diunduh dari dalam Playstore juga bisa disusupi malware.

beragam cara malware menyusup kedalam sistem smartphone android » Waspadalah! Begini Cara Malware Menyusup Kedalam Sistem Smartphone Android

Lalu bagaimana ciri-ciri aplikasi smartphone Android yang kemungkinan membawa malware? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri aplikasi smartphone Android yang kemungkinan besar membawa file malware:

  • Biasanya aplikasi yang membawa file malware itu bukanlah aplikasi yang terkenal.
  • Jenis aplikasi yang biasa disusupi file malware biasanya adalah aplikasi game.
  • Aplikasi yang disusupi file malware biasanya meminta ijin untuk mengakses banyak hal di dalam smartphone (kebanyakan yang mau diakses bukan hal yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut).
  • Setelah terpasang di dalam smartphone, aplikasi tersebut terus menerus berjalan di belakang layar.
  • Aplikasi yang membawa malware biasanya akan sulit sekali dihapus.

Jika anda terlanjur memasang aplikasi dengan ciri-ciri seperti itu, ada baiknya segera hapus aplikasinya dari smartphone anda.

Namun jika ternyata aplikasi tersebut tidak bisa dihapus, coba hapus dengan mengaktifkan terlebih dahulu menu developer di dalam smartphone anda.

Malware Bisa Menyusup Kedalam Smartphone Android Melalui Pesan Berantai

Aplikasi bukan satu-satunya cara file malware untuk menyusup kedalam smartphone Android. Selain melalui aplikasi, mulai banyak malware yang menyusup kedalam smartphone Android melalui pesan berantai.

Whatsapp adalah salah satu aplikasi messenger yang sering digunakan untuk menyebarkan file malware melalui pesan berantai.

Lalu seperti apakah ciri-ciri pesan berantai yang di dalamnya mengandung file malware? Berikut ini adalah ciri-cirinya:

  • Pesan berantai yang berisi malware biasanya berisi konten yang bombastis sehingga meningkatkan minat penerima untuk klik link dan juga share.
  • Pesan berantai yang di dalamnya terdapat malware biasanya juga dilengkapi dengan link yang panjang dan juga rumit.
  • Ketika link di dalam pesan di klik, biasanya akan ada file yang diunduh secara otomatis kedalam memori internal smartphone Android.

Oleh sebab itu, sebaiknya jangan pernah klik link tidak jelas yang dikirimkan oleh orang lain melalui Whatsapp. Selain itu, jangan mudah membagikan pesan yang tidak jelas kepada kerabat anda juga.

Malware Bisa Menyusup Kedalam Smartphone Android Melalui Website

Selain bisa menyusup melalui aplikasi yang terpasang dan juga melalui pesan berantai yang dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp, malware itu juga bisa menyusup kedalam smartphone Android melalui website.

Dari sekian banyak malware yang ditemukan di dalam smartphone Android, sebagian besar memang menyusup melalui website.

Ada banyak sekali bagian website yang bisa dimanfaatkan untuk menyebarkan malware, terutama kedalam smartphone Android. Salah satu bagian website yang cukup sering digunakan untuk menyebarkan malware adalah notifikasi.

Ketika anda memberikan ijin website tersebut untuk memberikan notifikasi, maka saat itulah file malware bisa disusupkan kedalam smartphone Android yang anda miliki.

Lalu bagaimana caranya agar anda bisa browsing dengan aman dengan menggunakan smartphone Android? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi browser yang selalu up to date.

Pasalnya, browser smartphone yang up to date juga sudah dilengkapi dengan fitur yang bisa memblokir otomatis file yang diduga merupakan file malware.

Jadi bagaimana? Sudah cukup paham bukan mengenai darimana saja malware bisa menyusup kedalam smartphone Android anda?

Setelah mengetahui darimana saja malware bisa menyusup kedalam smartphone Android yang anda miliki, seharusnya anda bisa lebih mudah bukan untuk mencegahnya?